Trip Hemat Kamboja (Phnom Penh - Siem Reap) 4 Hari (Part 2)


source : instagram @jmahbubi

HARI KETIGA SIEM REAP

Lanjuttt.

Setelah sebelumnya kita sempat rebahan sebentar sampai nunggu pagi, sekitar jam 4.45 kita ketemu sama Bang Hafis. Bang Hafis ini adalah karyawannya Pak Nasir, driver tuktuk yang udah kita kontak dari Indonesia beberapa hari sebelum berangkat ke Kamboja. Jadi kita hubungi beliau lewat whatsapp dan beliau akan menawarkan paket trip di Siem Reap. Kita rencana emang hari ketiga bakal satu hari penuh buat keliling Angkor Wat, jadi kita cuma sewa tuktuknya buat short trip aja. Buat yang ingin pakai jasa Pak Nasir, kalian bisa hubungi beliau di nomor +855 70  902 910  (Whatsapp only). Tarif buat short trip 15$ dan tuktuknya bisa dipakai untuk 4 orang. Oh iya, kenapa kita sewa tuktuk? Kenapa gak ngecer  aja pakai grab? Jawabannya, biar simpel aja. Beberapa info yang kita baca dari bloggers lain sih emang disarankan sewa tuktuk, soalnya perjalanan di Angkor Wat akan melewati semacam hutan dan barangkali bakal susah sinyal. Selain itu, enaknya driver tuktuk bakal ngurus rute trip selama di Angkor Wat nanti. Kita tinggal leyeh-leyeh aja.




Onederz Siem Reap
Cafe Hostel
Public Space di hostel, gak harus pesan makanan
Bebas pakai PC nih

Lumayan ada kolam renang di rooftop nya
Siem Reap dari atas hostel

Setelah ketemu abang tuktuknya, Bang Hafis, kita mulai perjalanan hari ketiga di Siem Reap, tepatnya Angkor Wat. Perjalanan dari hostel menuju loket tiket Siem Reap sekitar 15 menit. Tadinya kita sempat nego ke Pak Nasir biar dijemput lebih pagi lagi soalnya kita mau liat sunrise di Angkor Wat (tujuan populer di sini) dan takut kalau antrian loketnya bakal panjang, secara kita pergi pas weekend. Pak Nasir bilang, tenang aja. Dia biasa jemput jam segitu dan tetap dapat sunrise nantinya. Oke kita manut aja.

Pintu masuk pembelian tiket

Sampai di loket ternyata gak rame pengunjung yang mau beli tiket, syukurlah. Harga tiket masuk area Angkor Wat adalah 37$ (1 day pass), 62$ (3 days pass), dan 72$ (7 days pass). Kita beli yang 1 day pass, lumayan mahal ya. Andai punya cuti lebih banyak mungkin bakal coba yang 3 days pass sekalian. Pas beli tiket kita bakal diambil foto buat dicetak di tiketnya lhoo. Setiap kita memasuki atau pindah lokasi biasanya bakal dicek tiket kita dan dicocokin sama muka. Jadi, pastikan muka kalian jangan dipalsu-palsuin ya. Sebenernya, kita bisa aja nyamar jadi warga lokal biar masuk gratis area Ankor Wat, tapi ya kita udah terlanjur berpakaian layaknya ”turis” jadi pasti ketahuan, haha. Percaya atau gak, banyak yang ngira kita tadinya adalah orang Kamboja, pas ketemu orang atau lagi beli sesuatu. Sebegitu miripnya ya raut-raut wajah kita. Dipikir-pikir bener juga sih. Kalau diperhatikan kebanyakan turis yang mengunjungi Kamboja itu kalau gak yang muka bule (bule barat) ya muka orang Jepang/Korea. Kayaknya kita gak ketemu sama turis dari Indonesia, atau mungkin yang kita kira turis lokal Kamboja sebenernya adalah turis Indonesia, hahaha.

Tiket Angkor Wat


Selesai beli tiket kita meluncur menuju lokasi pertama yaitu Angkor Wat-nya itu sendiri. Lokasi ini emang ikonik buat para turis yang mau lihat sunrise yang muncul dari bangunan candi Angkor Wat. Waktu sampai sini udah lumayan banyak juga turis yang mulai duduk-duduk di pinggir sungai (atau kolam?) depan Angkor Wat. Oh iya, Bang Hafis gak ikut masuk (udah bosen kali ya), jadi dia nunggu kita di luar area. Pastikan kalian minta nomer driver tuktuk kalian biar kalau udah selesai bisa langsung telepon buat pindah ke area lain. Lanjut. Kayaknya cuaca pagi itu kurang mendukung. Seharusnya jam-jam pagi itu matahari mulai terbit, tapi malah awan mendung masih belum ilang semua. Kita masih mencoba optimis bakal bisa liat sunrise di sini. Eh kok mataharinya masih ketutupan awan mendung juga udah mau jam 6  padahal. Orang-orang mulai pindah ke bagian dalam candi. Yaudah, kita juga ikutan pindah. Harapan buat lihat sunrise di depan Angkor Wat pupus sudah. Seperti yang gue bilang, Kamboja ini udah mulai musim hujan, bahkan beberapa hari terakhir hujan terus di Angkor Wat, kata Bang Hafis. Katanya sih, waktu yang bagus buat berkunjung ke sini sekitar April ya. Buat masuk ke dalam area Angkor Wat seharusnya kita lewat jembatan yang melewati sungai tadi, tapi sepertinya lagi ada renovasi. Jadi kita lewat jembatan buatan yang udah disediakan. Di dalam area kita masih harus jalan kaki buat menuju bangunan utamanya. Viewnya kayak kerajaan-kerajaan yang di film-film. Lihat sendiri aja ya di foto, susah jelasinnya. Gue sendiri belum baca sama sekali sejarah Angkor Wat ini kaya gimana, selama di sini gue sebenernya kurang menikmati karena gak tau nilai historis tiap-tiap bangunan, jadi gue gak bisa cerita lebih juga. Baru lah gue nonton Youtube sejarah Angkor Wat ini kaya gimana pas udah balik ke hostel. Sebenernya kalian bisa sewa tour guide yang tarifnya 5$, tapi kita gak sewa.

Gagal lihat sunrise


Dalam gerbang Angkor Wat

Selesai lihat-lihat area Angkor Wat kita pindah ke area selanjutnya yaitu Angkor Thom (Bayon, Baphuan, Phimeanakes, Terrace of Elephants, Terrace of Leper King). Jujur ini gue cuma copas dari WA nya Pak Nasir, karena pas lagi di sini gue gak begitu ngeh candi ini namanya apa, candi berikutnya namanya apa, sungguh jangan ditiru. Gue cuma tau beberapa aja yang bakal gue sebutin di keterangan foto nanti, hahaha. Tadi di Angkor Wat sebenernya udah mulai gerimis kecil dan di area selanjutnya ini gerimisnya tambah lumayan. Hampir sebagian besar waktu kita di semua area gerimis, kadang lumayan gedhe juga, sampai siang kita kelar pun. Gara-gara gerimis ini gue jadi kurang menikmati perjalanannya, bahkan buat ambil foto-foto juga udah yang “yaudahlah sedapatnya aja”. Sesuai itinerary dari Pak Nasir, gue sebutin aja ya area-area yang dikunjungi selanjutnya pakai paket tuktuk 1 hari (short trip) yaitu Thommamon, Chau Say, Tevoda, Ta Keo, Ta Phrom, Banteay Kdei. Jadi kalau kalian berkesempatan ke Angkor Wat, pertama cobalah ambil denah/peta area Angkor Wat (kita ambil tapi gak digunakan dengan benar), kedua cari tahu sejarahnya, ketiga yang paling gampang kalau uang kalian berlebih bisa sewa tour guide. Di Angkor Thomb kita bertiga sempat terpisah. Walaupun hujan tapi ternyata pengunjungnya tetap ramai guys. Bahkan kondisi gerimis pun masih antri buat foto di spots populer. Ceritanya entah gimana, tersisalah gue sama Jawa dan Novan ilang. Yaudah, kita lanjut aja jalan ntar juga ketemu. Eh kok gak ketemu juga, hahaha. Yaudah biarin lah, kita foto-foto dulu aja. Tiba-tiba Novan muncul, ”Cuk, takiro nang ndi. Aku lagi antri foto kae lho sing terkenal. Eh tapi gak ono sing motoke yo aku golek kalian”. Kurang lebih gitu ya, tapi gak pake “Cuk”. Kasian dia udah antri lama baru sadar gak ada yang  motoke. Kita diajak ikut antri ke sana, dan emang antriannya lumayan. Gue lupa malah itu spot apaan ya guys?. Kita lanjut ke arah pintu keluar tapi kita kesasar di dalam candi kita antri tadi. Perlu diketahui bahwa pintu masuk dan pintu keluar itu beda, kalau kita salah ambil jalan kita bisa jadi balik ke pintu masuk. Bener-bener gak ada petunjuk dan Novan ilang lagi, Hahaha. Akhirnya kita berhasil keluar bangunan candi, tapi gak yakin ini menuju pintu keluar atau pintu masuk. Kita sempet nungguin Novan dan coba ngeWA tapi sinyal susah banget, secara ini komplek hutan. Beruntunglah gue sama Jawa menuju jalan yang benar, jalan keluar. Masih sambil coba kontak Novan. Eh tahu-tahu Novan udah sama Bang Hafis nyamper kita. Jadi yang kesasar sebenernya adalah gue sama Jawa.







Berhubung di sini musim hujan gue kasih tips aja kalau-kalau kalian mau ke sini tapi pas musim hujan juga. Pertama bawa payung atau jas hujan, selain biar gak kehujanan juga biar tetep oke kalau mau foto, gak lepek dan lusuh kaya gue kemarin. Kedua, kalau sayang sama sepatu kalian mending pakai sandal swallow atau sandal gunung, biar kalau pas lewat becekan gak masalah. Ketiga, walaupun gerimis tapi tetep bawalah minuman dari hostel, area Angkor Wat ini luass biangett, jaga jangan sampai dehidrasi. Bawa snacks juga boleh. Keempat, beberapa candi harus naik tangga yang lumayan curam dan bisa jado berbahaya karena jadi licin. Jadi kalau gak yakin mending gak usah naik.

Bangunan utama Angkor Wat




Terrace of Elephants, parkiran gajah?


Sayang, bangunan candi banyak yang mulai hancur



Di tengah perjalanan kita di ajak mampir makan sama Bang Hafis di tempat makan halal di dekat salah satu area Angkor Wat. Gue makan nasi goreng lagi guys, sampai sekarang gue nyesel. Tapi emang  gak begitu banyak menunya sih yang ready, bahkan ini warung kaya baru buka pas kita sampai di sana. Bang Hafis ini kita ajak makan sekalian, maksudnya kita bayarin, tapi dia kaya nolak gitu. Tau-tau dia malah makan nasi pecel lele. Iya, beneran pecel lele guys. Pas kita liat menu tadi perasaan gak ada menu pecel lele. Selesai makan siang baru kita lanjut lagi ngelarin itin yang tinggal dikit.

Kelar semua tujuan yang ada di itin Pak Nasir, kita lanjut keluar area Angkor Wat. Kita diajak makan lagi ke tempat kenalannya Bang Hafis (yang ternyata masih saudaraan sama Pak Nasir). Kita diajak ke sini karena kita mau nyobain Fish Amok yang konon katanya enak banget dan wajib di coba di Kamboja. Bener aja guys, rasanya emang enak dan cocok di lidah gue. Selesai makan kita minta diantar sama Bang Hafis ke hostel. Sampai hostel kita langsung mandi-mandi karena udah yang basah-basah gak nyaman juga. Waktu itu masih sore sih dan kita punya banyak waktu buat istirahat.

Halal Restaurant saudara Pak Nasir

Fish Amok, harus cobain!


Mandi udah, rebahan udah. Sore itu kita nongkrong ala-ala di kafe, Brown Kafe. Katanya sih, itu Starbucks lokalnya Kamboja (cmiiw), tapi Starbucks juga ada kok. Oh iya, kita gak tahu sebenarnya sore sampai malam mau ngapain dan Jawa baru dapat ide sorenya, hahaha. Dia nemu info kalau ada  sebuah salah satu resto yang mana di sana modelnya buffet dan ada atraksi/pertunjukan tarian-tarian Kamboja. Gue sih langsung tertarik. Tempatnya juga gak jauh-jauh dari kafe itu. Namanya adalah Koulen II Restaurant dan harga makan buffet plus pertunjukkannya sebesar 12$. Menurut gue worth to try sih. Soalnya kita sempat lihat ada poster yang isinya pertunjukkan seni tari dan harga tiketnya kalau gak salah 28$ (mahal cuuyyy). Jauh lebih hemat di resto yang datangin udah plus makan buffet lagi. Review makanan sama pertunjukannya? Makanannya macam-macam guys, bahkan ada pisang goreng sama ketela goreng, menu western juga ada. Gue cobain semua yang kira-kira gue doyan lah. Pertunjukan seni tarinya juga oke kok. Walaupun panggungnya gak begitu besar, tapi cukup. Malah diakhir pertunjukkan semua pengunjung boleh naik ke panggung buat foto sama performers nya.

Beberapa menu buffet yang gue ambil
Pertunjukan tari tradisional




Keluar dari resto lumayan gerimis. Kita malam itu ada rencana mau ke Pub Street, tempat wajib dikunjungi di Siem Reap. Isinya? Kafe dan hibura-hiburan malam di suatu komplek jalan. Selalu ramai sampai pagi kayanya. Sebelum ke Pub Street, kita sempat mampir ke pasar seni sama oleh-oleh. Penjual di sini mahir kok bahasa inggrisnya, malah bisa bercanda-bercandaan sama mbaknya (tips buat dapat diskon ya kita ramah aja sama mereka, dan mereka juga ngiranya kita kaya orang Kamboja,  Filipina, atau Malaysia). Gerimisnya tambah deras dan kita memutuskan untuk balik ke hotel dulu sebelum ke Pub Street. Lokasi Pub Streetnya itu deket banget sama hostel kita. Pada akhirnya kita gak jadi ke Pub Street karena udah terlanjur mager hujannya gak berhenti-berhenti. Ya seenggaknya udah tahu lah kaya gimana itu Pub Street  walaupun gak mampir buat sekadar ngopi-ngopi (ke pub kok ngopi?).

Seteleh tidur nyaman karena hujan semalaman, paginya kita gak tahu mau ngapain. Hahahaa.

HARI KEEMPAT  SIEM REAP

Babi panggang guys!




Kita memutuskan jalan-jalan bentar area kota Siem Reapnya. Semacam alun-alun? Iya, bisa jadi. Jalan aja pokoknya ke sana. Di tengah jalan kita lihat seekor babi matang dibuat persembahan lhoo. Kita sempat mampir juga tempat ibadah di sana, namanya Wat Preah Prom Rath, semoga gak salah. Pulangnya kita sempat mampir toko buku, karena Jawa ada titipan komik Detective Conan versi bahasa Kamboja, walaupun gak nemu. Kita juga sempat nyobain KFC Kamboja buat sarapan, enak KFC Indonesia. Hahaha.

Bagus motor-motor di Indonesia ya? hehe
KFC Siem Reap


For rent

Combo Bonus!


Sampai hostel kita beres-beres sambil packing. Sekitar jam 11an pagi kita check out hostel. Kita ke bandara naik tuktuk lagi. Kebetulan Bang Hafis nawarin buat mau nganter sampai bandara dengan tarif 5$. Lumayan daripada ribet ya. Akhirnya perjalanan 4 hari di Kamboja selesai sudah. Walaupun Novan harus bikin drama dulu, hahaha. Dia harus nginep semalam lagi di KL. Gitu ya guys, semoga gue bisa segera bikin cerita waktu ke Thailand kemarin. Semoga juga gue bisa jalan lagi dan berbagi cerita lagi. Semoga ada yang bermanfaat dari cerita ini, walaupun sedikit. Sehat-sehat selalu guys. 

Comments