Prospek Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknologi Pertanian dan Sejenisnya


Ilmu dan teknologi pangan atau teknologi pangan atau mungkin disebut juga teknologi hasil pertanian sering diidentikan dengan menanam, merawat atau memanen segala jenis tanaman pertanian. Kebanyakan orang mengaitkannya dengan embel-embel "Pertanian" dibelakangnya. Ya, tidak ada yang salah. Namun, sebenarnya, Ilmu dan Teknologi Pangan lebih memfokuskan pada penanganan tanaman pertanian pascapanen.
Saya merupakan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, UNS Solo semester 4. Awal mula saya masuk dalam jurusan ini merupakan ketidaksengajaan. Setelah ditolak beberapa kali masuk jurusan teknik UI dan UGM saya memutuskan jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan pada pilihan terakhir saat SNMPTN. Akhirnya, di sinilah jalan takdir saya. tidak ada bayangan sama sekali tentang apa itu Ilmu dan Teknologi Pangan dan bagaimana prospek ke depannya seperti apa. Saat itu yang membuat saya tertarik adalah kata "Teknologi" pada nama jurusan tersebut..

Setelah beberapa semester belajar di jurusan tersebut saya semakin tahu apa dan bagaimana ruang lingkup Ilmu dan Teknologi Pangan itu sendiri. Ya, memang awalnya ada rasa minder dan tidak pede saat ditanya guru, keluarga, atau teman "Jurusan apa?". Secara saat ini kebanyakan orang masih memandang sebelah mata hal yang berkaitan dengan pertanian, "yah paling di sawah, palling ini, paling itu", tidak ada kerennya samasekali. Sampai pada akhirnya saya bisa bangga bisa masuk di jurusan dan tidak minder lagi. Bagaimana bisa? Mari kita bahas.
Maaf sebelumnya bukan bermaksud sombong atau membanggakan jurusan yang sedang saya tempuh, saya sadar jurusan lain juga berperan penting dan ikut andil dalam pembangunan segala sektor di Inonesia tentunya.
"Pertumbuhan industri pangan Indonesia mencapai double digit, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang hanya satu digit.  Ini menandakan, industri pangan Indonesia berkembang dengan pesat,” kata Direktur SEAFAST Center IPB, Prof. Purwiyatno Hariyadi. Demikian saya kutip.
Industri pangan yang tumbuh pesat tentunya membutuhkan lulusan-lulusan teknolog pangan dalam menjalankan industrinya.
Menurut hemat saya, selama manusia masih membutuhkan pangan, teknolog-teknolog pangan masih sangat dibutuhkan untuk terus berkreasi dan menemukan-menemukan terobosan baru dalam dunia pangan yang dapat membantu dunia menyediakan pangan yang sehat, bergizi, dan enak.
Konkretnya, teknolog pangan dapat terjun diberbagai sektor kehidupan, antara lain :

1. Industri Pangan
    Berbagai posisi ditawarkan untuk teknolog pangan dalam industri pangan diantaranya Supervisor Quality Control (QC), Quality Assurance (QA), Manajer Produksi, Departemen Research dan Development,dan Konsultan dengan kompensi :
a. Mampu menganalisis parameter mutu dalam bahan (sifat fisik, kimia, biologis)
b. Menguasai standar mutu pangan (nasional maupun internasional)
c. Mampu memimpin tim pengendali mutu (bahan, proses, dan produk akhir)
d. Mampu merencanakan, mengendalikan, mengarahkan, dan memimpin proses produksi
e. Mampu menggali potensi pengembangan produk

2. Lingkup pemerintahan
    Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Pertanian, Balitbang, POM(Pengawas Obat dan Makanan), LIPI,dll dengan kompetensi ;
a. Mampu melayani masyarakat dengan baik
b. Mampu mengkoordinir bagian yang dipimpinnya di Instansi tempat ia bekerja
c. Berwawasan luas
d. Menguasai Teknologi

3. Konsultan Pangan dan Gizi
Dengan kompetensi :
a. Mampu memberi konsultasi kepada industri makanan tentang produksi, pemasaran, trend produk, serta kualitas produk makanan
b. Mampu memberi konsultasi tentang permasalahan konsumsi gizi dan keamanan pangan

 
 4. Berwirausaha/ Pengusaha di bidang pangan.
Dengan kompetensi :
a. Mampu merencanakan dan mendirikan suatu perusahaan
b. Menguasai manajemen perusahaan
c. Mengembangkan usaha yang telah berjalan

Bagaimana? Cukup luas bukan? Jadi Teknologi Pangan bukan bercocok tanam, karena ada sendiri lhoo jurusan untuk bidang tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya selama kuliah hingga semester 4 ini, menurut saya, jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan mengajarkan beberapa  skill antara lain, sebagai objek ilmu utama tentunya diajarkan tentang teknologi pangan itu sendiri seperti rekayasa teknologi pengolahan pangan, alat dan mesin yang digunakan dalam proses industri pangan, bagaimana merencanakan pendirian sebuah pabrik atau usaha dalam bidang pangan, serta ilmu-ilmu yang mendasari teknologi pangan itu sendiri. Sedangkan untuk skill umum antara lain, Kewarganegaraan, Keagamaan, dan yang juga tidak kalah penting membangun dan melatih siswa dengan adanya matakuliah Kewirausahaan.

Jika teman-teman berminat untuk terjun dalam dunia pangan teman-teman bisa memilih beberapa universitas berikut yang menyediakan jurusan Teknologi Pangan antara lain : Universitas Sebelas Maret (UNS Solo), IPB, Unpad, Universitas Brawijaya, Unpas, Unika Soegijapranata, dan beberapa kampus lain.

Terima kasih. Salam anak pangan! Makan sehat, aman,bergizi, halal dan lezat!


Berbagai sumber.

(((UPDATE : Karena kesibukan jadi jarang buka blog. Buat yang ingin tanya-tanya bisa ke IG saya @baragaskar)))
 

Comments

  1. kak, tar lw udah lulus dpt gelar apa?? hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kampusku gelarnya S.TP (sarjana teknologi pertanian)

      Delete
    2. Kak kalo tek pangan di unika sama diundip bagus mana ya kak? Di undip emang negri sih kak tapi banyak yang bilang kalo tek pangan di unika lebih bagus

      Delete
    3. kak kalo d3 teknologi hasil pertanian, nanti ngelanjutin ke s1 kemana kak?

      Delete
  2. kak universitas mana aja yg ada ilmu pangan?????
    gue suka kata2 ini:
    selama manusia masih membutuhkan pangan, teknolog-teknolog pangan masih sangat dibutuhkan untuk terus berkreasi dan menemukan-menemukan terobosan baru dalam dunia pangan yang dapat membantu dunia menyediakan pangan yang sehat, bergizi, dan enak.
    :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. Setau saya ada IPB, UGM, UNPAD, UNPAS, UNHAS, Unika, UNDIP (baru), dan saya di UNS.

      Delete
    2. di Univ halu Oleo juga ada :)

      Delete
    3. di Unud juga ada kak. Salam Pangan!

      Delete
    4. Unud juga ada keles kak -___- atas gue tuh temen gue wkwk

      Delete
    5. Di PTS yang dapet akreditasi A ada di UMM (Univ. Muhammadiyah Malang)

      Delete
    6. PTS dengan Akreditasi A ada di UMM, ITP UMM akreditasinya juga A

      diatas saya ini teman sekelas saya :)

      Delete
  3. Kang, saya hendak menguji kwalitas makanan yg saya bikin. ADa rekomendasi ke Fak Teknologi Pangan UI. Mohon info mengenai prosedurnya.
    TErima kasih
    WIng
    08129088435

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, setau saya atau mungkin saya yang kurang update. Di UI belum ada fakultas Tek. Pangan, mungkin ada jurusan Gizi, Kesehatan Masyarakat, dan Farmasi. Untuk prosedur saya juga kurang tau.

      Delete
  4. Kang teknologi pangan UNS akreditasinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di unpas akrdtasi A ka
      Kalo berminat mangga 😊

      Delete
  5. akrerditasi B, sekarang sedang proses pengajuan akreditasi lagi.

    ReplyDelete
  6. mau tanya ka,
    materi kuliah yg paling banyak dipelajari apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling banyak ya?menurut saya sih tentang sifat kimia bahan pangan, kondisi proses pengolahan begitu. nanti juga dapat tentang mesin pengolahan pangan, ekonomi teknik, dan mata kuliah pilihan yang lebih spesifik lagi (seperti teknologi pengolahan susu, teknologi pengolahan daging, teknologi fermentasi dll)

      Delete
  7. gan mau tanya,saya minat dengan teknologi pangan akan tetapi peminatnya sangat banyak dan daya tampungnya sedikit itu bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena peminatnya emang sangat banyak, jadi belajar yang giat dan berdoa, kalau memang sudah mantap taruh Teknologi Pangan di urutan pertama saat snmptn. good luck

      Delete
  8. ada pelajaran kimia? sulit gak kuliahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kimia pangan pastinya, sulit itu relatif, namanya juga kuliah, pasti ada saat-saat sulitnya :)

      Delete
  9. ka mau tanya di tekpang itu belajar ga tentang senyawa makanan misalnya karbohidrat, protein, banyak ga kimia organiknya? pusing ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti doong belajar tentang karbohidrat dan kawan-kawannya, kimia organik juga ada makulnya, pusing kalau kehabisan uang :p

      Delete
  10. Kirakira kalau sudah lulus. Perusahaan/instansi yang menawarkan untuk bekerja atau memang kita usaha sendiri. Saya takut saat saya lulus, saya malah tidak dapan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lowongan-lowongan pasti diberitahukan kepada alumni bahkan mahasiswa tingkat akhir,sekarang ini banyak kok orang yang kerja dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, itu mungkin disebut takdir. Nah coba diubah mindsetnya Faradilla, sekarang coba tinggalkan mental karyawan, kalau bisa buka usaha sendiri kenapa tidak?akan banyak ide untuk membuka usaha dibidang pangan(kuliner) kok. Dan ada mata kuliah wajib kewirausahaan yg akan memberi motivasi kita untuk jadi orang yg mandiri.

      Delete
  11. kak ditekpang itu lbh banyak biologi apa kimianya ?

    ReplyDelete
  12. kak prospek belajar di teknologi pangan itu seperti apa ya? maksudnya mempelajari apa saja, dan harus dikuatkan pelajaran apa? dulu kakak keterima undangan tp di pilihan yg ketiga? wow bgt,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. prospek pekerjaannya sudah saya sebutkan :)
      2. kalau menurut saya mungkin kimia dan fisika
      3. saya diterima snmptn tertulis pilihan kedua

      Delete
  13. kak saya ngga terlalu menguasai kimia,tapi saya minat bgt sama jurusan tekpang,di snmptn saya cuma milih jurusan tekpang di satu universitas,doakan ya kak :). Kira2 kalau nanti pertama masuk,pelajaran pelajarannya diajarkan dari dasarnya lagi ngga kak? hehe terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seperti yang saya paparkan, pasti diberi mata kuliah dasar, seperti kimia umum, biologi umum, fisika umum, matematika.

      Delete
  14. kak kalau tentang teknologi industri itu gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. teknologi industri pertanian maksudnya? saya rasa hampir sama, saya kurang paham bedanya coba bisa dilihat web PT dimana ada jurusan tersebut, maaf ya.

      Delete
  15. teknologi industri pertanian,,??

    ReplyDelete
  16. saya juga punya pengalaman yang sama dengan kakak.. dulu, rencanany tahun ini mau ikut tes lagi, tapi nggk jadi soalny sdah rasa enak jdi anak TP, hehehe..

    ReplyDelete
  17. keren kak, tp kalo anak SMK bisa masuk tekpang ga?
    trs temen kakak ada yg dari SMK ga?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMK yang bisa adalah SMK Teknologi Hasil Pertanian dan sejenisnya, untuk yang jurusan akuntansi, mesin dsb tidak bisa. Ada kakak tingkat sy dari SMK jurusan serupa.

      Delete
    2. Nambahin mas temen aku ada yang dari mesin, bisa masuk ke THP juga

      Delete
  18. kak teknologi pangan sama nutrisi apa bedanya ya?

    ReplyDelete
  19. klo msalnya kuat di bidang biologi, mending milih mana kak, tekpang atau ilmu gizi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di tekpang, kita juga dpet pelajaran ilmu gizi, mulai dri pengenalan pangan dan gizi, smpe ke evaluasi gizi dalam pengolahan, dan bisa lnjut S2 atau S3 dengan major nutritional science dan minornya food science,

      Delete
  20. kak kalo teknologi pangan banyak menghitungnya ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menghitung pasti ada seperti pada mata kuliah satuan operasi,
      tpi kbnykan memang mengenai kimia pangan, biokimia, dan mikrobiologi,

      salam kenal, saya mahasiswa THP Universitas Sriwijaya

      Delete
  21. apa akreditasnya Tek.Pangan, Undip yg masih baru itu?
    Dan minta saran kak,.
    kalau di haruskan memilih , pilih Tek. Pangan, Undip yang masih (baru) . atw cari Tek.pangan yang udah terakreditasi dan terjamin di PTN lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kasih saran ya, kalo mau memilih jurusan utamakan yang sudah ter-Akreditasi min B untuk jurusan dan A untuk Universitasnya

      Delete
  22. Do'ain kak 2015 snmptn bisa dikabulkan di pangan uns :-) greget bgt pengen kesitu

    ReplyDelete
  23. terimakasih, tulisannya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. sebenere pengen masuk tenologi pangan,tapi masih belum yakin sama kedepannya gmana??
    trus ntar kerjanya gmna?
    mau kerja dmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn ragu untuk msuk di tekpang, seperti kata penulis "selama manusia masih membutuhkan pangan, teknolog-teknolog pangan masih sangat dibutuhkan untuk terus berkreasi dan menemukan-menemukan terobosan baru dalam dunia pangan yang dapat membantu dunia menyediakan pangan yang sehat, bergizi, dan enak".

      so tunggu apa lagi?

      Delete
  25. kak mau tanya saya kuliah dipoliteknik negeri lampung teknologi pangan tapi D3 ah mau ngelanjut S1 itu dimana ya kak ? bls

    ReplyDelete
  26. sya juga mau masuk ke jurusun TP.dilihat dr komentar2 diatas, pljrn fisika juga kayaknya banyak di jurusan ini. kbtulan fisika sy sgt kurang. apa bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. jgn ragu utk msuk tekpang, menurut pengalaman sya yg namanya kuliah itu semua dimulai dari baru, mereka yg "pintar" saat SMA, akan menerima pelajaran yang baru sama dgn mereka yg mngtakan "aku nggak kuat di menghitung" atau "aku nggak mau di sini, aku nggak mahir di biologi",

      so, semua mahasiswa akan mendapat pelajaran yang sama, trgntung individu masing2 mau belajar atau nggak,

      salam kenal, saya mahasiswa THP Universitas Sriwijaya

      Delete
    3. terima kasih Akpanji Nugroho sudah membantu sementara saya baru bisa online lagi.

      Delete
  27. Salam jg mahasiswa pangan dari unand padang,,
    Ttp smgat nak pangan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak memang nya ada jurusan teknologi pangan di unand..?

      Delete
  28. Assalamualaikum...
    Saya mau tanya mas, kalau snmptn buat jurusan teknologi pangan itu nilai rapornya yang dilihat mapel apa saja ya? Saya minat sekali daftar teknologi pangan uns tp nilai saya tidak stabil...
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  29. kak, kalo boleh tau, dulu nilai rata-rata rapor kakak berapa?

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum mas
    saya minat sekali jadi mahasiswi tekpang
    mau tanya mas
    kalo kuantitas mafikibi di tekpang didominasi sama pelajaran yang mana yaaaa ?
    hatur nuhun massss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk tekpang, kbnykan belajar tntang kimia pangan, biokomia, dan mikrobiologi,
      matematika perlu utk menghitung seperti pada mata kuliah satuan operasi,

      Delete
  31. Semoga tahun ini saya bisa jadi Mahasiswi Ilmu dan Teknologi Pangan -USU-

    Doain yaa

    AMIN

    ReplyDelete
  32. Kuliiah Tekpang di Univ Riau jg ada. Klo pengen kuliah tekpang yg lebih bagus, pilih di UGM aja. Oke? Bagi adik" yg nti nya lulus di jur Tekpang saya ucapin selamat bergabung. Salam Pangan.......!!!!!

    ReplyDelete
  33. kak, saya ada minat ke tekpang.. cuma saya bingung lebih baik milih IPB atau UGM?? bantuin dong kak atau siapa aja juga boleh.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut aku tekpang di ipb itu lebih bagus, saingannya juga lebih ketat, di ugm juga bagus dan tingkat saingannya juga sedikit lebih longgar daripada tekpang ipb hehehe

      Delete
  34. kak kalo pekerjaan di bidang pemerintahan itu harus S1 dulu ya???

    ReplyDelete
  35. Ayo Gan Daftar Di Poker Online Indonesia Gan....
    di http://www.malaikatpoker.com/?ref=996633

    minimal deposit 25rb..
    minimal withdraw 25rb...
    bonus free chips 10%...
    bonus referral 10%

    YM : cs.malaikatpoker@yahoo.com
    BB : 25F4D3A1
    Live Chat Support 24Jam

    ReplyDelete
  36. Saya juga ketrima SNMPTN di Universitas udayana,saya ingin sekali masuk ke jurusan ini ,tpi kndala dri orang tua yg tidk mengizinkan saya kuliah di luar kota,

    ReplyDelete
  37. Saya juga ketrima SNMPTN di Universitas udayana,saya ingin sekali masuk ke jurusan ini ,tpi kndala dri orang tua yg tidk mengizinkan saya kuliah di luar kota,

    ReplyDelete
  38. Untuk masalah gizi, ada sendiri lhoo jurusan untuk bidang tersebut.

    ReplyDelete
  39. ka, mau tanya.. saya kan udah ngisi angket SNMPTN jurusan tekpang, nah yg nilai-nilai apa saja yg dipertimbangkan klo mau msuk tekpang ya ka.. mohon balasannya ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf ya, saya kurang tahu kriteria seperti apa yang dinilai oleh reviewer di universitas. Menurut saya nilai dibidang IPA lebih diperhatikan. Intinya kalau sudah yakin, tinggal berdoa saja, semoga diterima :)

      Delete
  40. Kak mau nanya, jurusan yang ada di fakultas Teknologi pangan itu apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek saja di web resmi ugm.ac.id atau ipb.ac.id ya atau di web resmi univ lain

      Delete
  41. Halo saya Megiza Purnama S.TP. Saya barus aja menyelesaikan studi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sekedar berbagi Informasi di THP UB selain belajar tentang fisik, kimia dan gizi pangan sekarang sedang dikembangkan research tentang food sensory analysis. Tugas akhir saya pun berfokus pada food sensory analysis. Mungkin belum banyak jurusan teknologi pangan di Indonesia yang mempelajari lebih mendalam tentang food sensory. Food sensory analysis sangat menarik untuk dipelajari karena selain aspek ilmu pangan sendiri disini juga berhubungan dengan hal lain seperti budaya, kebiasaan, demografi dan psikologi. Saya dan teman-teman saya pun juga merupakan angkatan pertama yang melakukan reasearh tentang food sensory analysis dan masih terus belajar karena perkembangan ilmu sensory di luar negeri sangat pesat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum
      Saya D3 teknologi pangan di POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Insyaallah saya ingin melanjutkan S1 pangan di UB. Maaf kak saya mau tanya terkait biaya alih jenjang/alih jenis di UB biayanya sekitar berapa?
      Mohon di balas ya kak :)

      Delete
  42. maaf kak, saya siswi SMA yg sbentar lagi juga mau lulls... saya mau tanya, apa jurusan ilmu teknologi pagan ada matematika,fisika dan kimia dan biologi nya kak????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab aja. Di ITP masih ada namanya mat fis kim dan biologi. Tapi ntar di semester 2 bakal lebih spesifik ke kimia dan biologi. Namun juga ada fisika

      Delete
    2. Bantu jawab aja. Di ITP masih ada namanya mat fis kim dan biologi. Tapi ntar di semester 2 bakal lebih spesifik ke kimia dan biologi. Namun juga ada fisika

      Delete
    3. terima kasih sudah membantu menjawab Ricky :)

      Delete
  43. kalau untuk teknologi informatika prospek seperti apa ka setelah lulus nanti..
    jilbab syar'i murah

    ReplyDelete
  44. Kak mau tanya, jurusan yang mirip2 sama jurusan tekpang apa ya? Pengen bgt masuk sini, tapi yah cari2 jurusan kedua atau ketiga biar bisa legowo kalau ada apa2, hehe. Makasih kak

    Mau tnya lagi, Ilmu gizi sama ini bedanya dimana ya kak? Makasih lagii

    ReplyDelete
  45. saya pengen di ilmu tekpang , tp di pelajaran fisika agak kesulitan , takut gak bisa ngejar kak ,apa dr smt 1 -selesai ada fisika terus kak? Mohon di balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fisika nya tidak terlalu susah seperti di Sma kok. Santai aja. Semua tmn mu bakal support kamu. Susah atau nggak tergantung dari usaha kita.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  46. kak di tahun 2016 ini, akreditas tekpang apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalammualaikum Ririn untuk tekpang di UB akreditasnya udah internasional dan A

      Delete
    2. Assalammualaikum Ririn untuk tekpang di UB akreditasnya udah internasional dan A

      Delete
  47. Assalamualikum kak, saya dessy dr SMAN 1 Kediri. saya ingin sekali kuliah di UNS jurusan ilmu dan teknologi pangan. tetapi saya tidak punya pendukung seperti sertifikat, piagam dan lain lain. saya punyanya sertifikat organisasi dan sertifikat peserta. lalu itu disertakan atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam desi. Mau cerita aja saya dulu lulusan dari Sman 16 sby. Saya mendaftar di Itp Ub dan alhamdulillah lolos snmptn. Saya dulu waktu input data cuman masukin nilai aja tanpa sertifikat. Itp saya masukan di pilihan 2. Jadi sertifikat emang mempengaruhi tapi lebih berpengaruh adalah tekat kita dan doa.

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. dilihat komen dari atas sampai bawah blm ada ya tekpang yang dari UNPAD atau ITB?? di ITB katanya tekpangnya masuk ke FTI, dan FTI itu PG nya paling besar seITB. apakah peluang SNMPTN ke tekpang UNPAD besar?? peluang yg paling besar d univ mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk di univ syiah kuala, banda aceh jurusan teknologi hasil pertanian

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  50. Assalamualaikum. saya mahasiswa jrusan Teknologi hasil pertanian(THP) Univ.Jambi, sy angkatan 2015. disini akreditasny alhamdulillah B.
    inshaa Allah prospek kerja dijurusan ini menjanjikan dimasa depan. kalo jurusan kdokteran cuma punya 1 profesi saja yaitu jadi dokter, kita tekpang punya 7 profesi yakni dbidang agroindustri.
    kita bisa jadi saffety officer(pengawas makanan), microbiologist,
    packaging engineer,
    analitical chemist,
    sensory scientist,
    processing engineer, atau
    product development scientist.

    cool hahh???
    What do you waiting for?

    ReplyDelete
  51. Kak, kalo lewat jalur snmptn brp kira2 rata2 untuk pelajaran yg diutamakan? Sbg bayangan snmptn tahun ini
    Terimakasih kak infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau bagaimana sistem penilaian dan penerimaan mana yg diutamakan

      Delete
  52. Berarti gelar sarjana tekpang sama dong kayak teknik pertanian, S.Tp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di UNS sarjana teknologi pertanian, kurang tau di PT lain

      Delete
    2. Kalau di universitas pasundan dulu S.T (sarjana Teknik) karna di unpas itu dibawah fakultas teknik bukan fakultas pertanian. tetapi di tahun 2017 sudah di ubah menjadi S.TP (sarjana teknologi pangan)

      Delete
  53. ka, ilmu dan teknologi pangan ini materinya lebih menjurus ke kimia apa biologi ?
    mohon di balas dan terimakasih

    ReplyDelete
  54. salut buat mahasiswa teknologi pangan. saya alumni food technology dr univ.brawijaya. sekarang sedang bekerja di indofood asahi group. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal, wah di bagian apa? Saya juga ingin bsia gabung di indofood :)

      Delete
  55. kak, mau tanya. bedanya gizi sama tekpang itu apa? klo saja di UNS ada gizi jg, aku bakal lbih yakin... ini pilihannya beda univ semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emm mungkin kalau tekpang lebih ke industri kali ya, kalau gizi jarang yang ke industri CMIIW

      Delete
  56. kak, kl mau diterima di tekpang nilai yg dilihat apa aja yaa ? soalnya rata2 nilai biologiku dr semester 1-5 cuma 85,2

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaktau juga ya apa yang di lihat, aku masuknya lewat jalur tulis soalnya

      Delete
  57. Kalo buat cewek, lebih bagus di gizi/tekn.pangan kak?:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja menurut saya, tinggal pengen sektor kerja dimana :)

      Delete
  58. Bang katanya Tekpang IPB jalur undangan untuk calon mahasiswa/i sumatera sulit ya? Mohon sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu juga, tp memang tekpang IPB Bagus (y)

      Delete
  59. PTN yg membuka program alih jenis Teknologi pangan dari lulusan D3 apa ya mas/mba? Mohon sharing infonya ya yg tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di UNS ada D3 THP, di IPB juga sepertinya ada, silakan cek di website resminya

      Delete
  60. Salam, saya dterima di unsoed jurusan itp jalur snmptn tahun ini. Saya mau nnya apa saja yg dipelajari di semester 1? Takut, saya kurang dlm fisika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo
      Saya juga d terima tekpang di unsoed jalur sbm
      Kita teman seperjuangan
      Banyak ke kimianya kayaknya
      Fisika cuman fisika dasar d awal semester

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Oh, salam knal 😊
      Trimakasih atas info ny
      Klau bleh tahu msuk ny tahun ini ya?

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. sukses terus ya mas , semoga kerjanya diberi kemudahan.:) Salam pangan! - saya Maba UNS 2016 tek.pangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Haning, wah selamat ya! kita satu almamater :D

      Delete
  63. Kak. Tekpang dgn tek hasil pertanian (thp) sama ga?

    ReplyDelete
  64. Kak. Tekpang dgn tek hasil pertanian (thp) sama ga?

    ReplyDelete
  65. Kak. Tekpang dgn tek hasil pertanian (thp) sama ga?

    ReplyDelete
  66. Kak. Tekpang dgn tek hasil pertanian (thp) sama ga?

    ReplyDelete
  67. Mau sharing aja, kalo jurusan yang mirip tekpang itu kyk mikrobiologi, biokimia, bioteknologi, teknik bioproses,teknik industri pertanian. Alasannya adalah karena jurusan tersebut sangat menekan ilmu biologi dan ilmu kimia, dan sebagian dari ilmu fisika.

    ReplyDelete
  68. Saya jurusan tekpang tetapi d3 kalau mau melanjutkan s1 dimana ya kak

    ReplyDelete
  69. Wahh.. lengkap info nya kang.. kebetulan sy lg cari review tentang tekpang. Supaya anak sy lbh yakin mau ambil jurusan tekpang.. ��

    ReplyDelete
  70. Kak kalau mau masuk Tekpang..kalau dr Ips bisa gk? Tahun ini

    ReplyDelete
  71. Kak kalau mau masuk Tekpang..kalau dr Ips bisa gk? Tahun ini

    ReplyDelete
  72. Kak kalau dr ips mau masuk tekpang bisa gak? Tahun ini (Jwb please..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak bisa, kecuali peraturan seleksi masuk PTN sudah berubah

      Delete
    2. kalo SNMPTN gk bisa, tapi kalo SBMPTN sepertinya bisa cuma ya tes-ya peminatan SAINTEK(mapel MIPA)

      Delete
  73. Kak kalau dr ips mau masuk tekpang bisa gak? Tahun ini (Jwb please..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak kalo kakak ngambil sbmptn, entar test nya ambil saintek bukan soshum. Tapi kalo buat snmptn kayanya susah

      Delete
    2. Dari ips ambil jurusan ipa bisa tapi lewat sbmptn. Nanti pas test ikutnya bagian saintek, tapi kalo untuk snmptn rasanya susah hehe

      Delete
  74. jurusan teknologi hasil pertanian (THP) juga ada di sumatera Utara, Tepatnya di Medan Unika santo Thomas Medan.. yang berminat monggo

    salam teknologi pangan

    ReplyDelete
  75. jurusan teknologi hasil pertanian (THP) juga ada di sumatera Utara, Tepatnya di Medan Unika santo Thomas Medan.. yang berminat monggo

    salam teknologi pangan

    ReplyDelete
  76. kak, sekarang kan UN 4 mapel, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan satu mapel peminatan(milih satu Bio, kimia, atau fisika) kalo mau masuk Tekpang mending ambil UN-nya Kimia atau Biologi?

    ReplyDelete
  77. ka kalau tekpang itu lebih ke kimia/biologi ya?

    ReplyDelete
  78. ka kalau tekpang lebih ke kimia/biologi ya?

    ReplyDelete
  79. kak ada akun yg bisa dihubungin mau tanya mengenai teknologi pangan di UNS

    ReplyDelete
  80. ITP jadi dosen aja lah ^^hehehe

    ReplyDelete
  81. Kak mau tanya bedanya antara teknologi pangan dengan bioteknologi pangan&agroindustri ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  82. Prospek kerja alumni teknologi pangan sangat bagus.Bahkan, tak harus bingung cari kerja, ilmu yang didapat di kampus sangat berguna dalam merintis usaha pangan sendiri. Silahkan kunjungi keterangan saya di sini http://teknologipangan.net/prospek-kerja-teknologi-pangan/

    ReplyDelete
  83. Makasih banyak kakkk. Sukses, doakan aku supaya bisa masuk jurusan ini tahun ini :")

    ReplyDelete
  84. prospek kerjanya gimana ya? ambil s2 dulu atau langsung kerja?

    ReplyDelete
  85. kak kalo lulusan tekpang univ swasta mempengaruhi buat cari kerja ga? soalnya kan univ swasta di pandang sebelah mata

    ReplyDelete
  86. kak kalo lulusan tekpang swasta bisa cari kerja mudah ga? soalya biasanya univ swasta di pandandang sebelah mata

    ReplyDelete
  87. Haii sy salah satu mahasisiwi yang ambil jurusan ilmu dan teknologi pangan di universitas udayana tahun ini , dan saya lolos di jalur sbmptn pilihan ke tiga . Di pilihan pertama sy juga pilih teknologi pangan UB. tapi sayangnya blm lolos . Dari sma sy sudah mantap dengan jurusan ini dan tahu prospek kedepannya yang saya akan kerjakan seperti apa .Salam anak pangan !

    ReplyDelete
  88. Sama kak, waktu pilih jurusan saya ndak dapaet diteknik saya malah dapet di THP, saya pilih THP karena ada kata "Teknologi" :)

    ReplyDelete
  89. salam anak pangan dari saya di Univ Mathla'ul Anwar Banten :)

    ReplyDelete
  90. Kak kalo tekpang di UGM sama di Undip lebih banyak peminatnya dimana ya?

    ReplyDelete
  91. Kak kalo tekpang di UGM sama Undip ,lebih banyak peminat nya dimana ya?

    ReplyDelete
  92. Kak kalo tekpang di UGM sama Undip lebih banyak peminatnya dmn ya?

    ReplyDelete
  93. kak kalau di ITP itu pelajaran kimianya kebanyakan hitungan ya?

    ReplyDelete
  94. kak kalau di ITP itu pelajaran kimianya kebanyakan hitungan ya?

    ReplyDelete
  95. kak kalau di ITP itu pelajaran kimianya kebanyakan hitungan ya?

    ReplyDelete
  96. Kak, jurusan itp itu saat penilaian berupa proposal gitukah? Lalu selama pembelajarannya, lebih banyak materi di kelas atau praktek di lab or survei?

    ReplyDelete
  97. Kak jurusan itp, banyak hafalan atau hitungan?

    ReplyDelete
  98. Ka mau minta saran, univ ITP diurutin dari yg terbaik. Thanks ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuh saya gak bisa objektif nih, tapi kalau bisa pilih saya akan pilih IPB, UGM, UB, UNIKA kali ya, tapi tetep UNS nomer satu di hati.

      Delete

Post a Comment