Trip Hemat Kamboja (Phnom Penh - Siem Reap) 4 Hari

Ciyeeeeeeh

Akhirnya guys kali ini gue berkesempatan buat mengunjungi Kamboja, tepatnya di Phnom Penh (PNH) sama Siem Reap (REP). Gitu aja ya gue singkatnya. Duh iya gue lupa bulan Februari kemarin sempat ke Thailand (Bangkok & Pattaya), tapi belum gue tulis gimana cerita gue ke sana bareng temen-temen. Asyik tuh pas ke Thailand, mana ada cerita temen gue salah beli tiket pesawat. Lebih tepatnya dia beda pesawat sendiri sama yang lain dan baru ngeh pas udah di bandara ternyata pesawatnya udah jalan. Ya kocak ya kasian sih kalau inget. Ntar kalau udah inget-inget semua gue tulis deh. Balik ke cerita di Kamboja.

Jadi gue berangkat bertiga sama temen-temen gue. Salah satunya temen gue waktu ketemu pas traveling di Singapore, Novan, eh jadi temen sampai sekarang. Satunya lagi temen dia, Jawa. Awal muasal cuma iseng-iseng reply-replyan di IGs. Akhirnya kejadian lah beli tiket pas bulan puasa kemarin. Walaupun kita plan bertiga tapi kita beda-beda pesawat. Malah gue sama Jawa yang sama-sama dari Jakarta aja beda semua flight nya. Biarin lah, hahaha.

HARI PERTAMA PHNOM PENH

Berangkat pagi-pagi buta dari kosan, jam 2.30 supir Bluebird udah telepon. Ini enaknya naik Bluebird buat pergi ke Bandara pagi-pagi, supirnya bakal telepon 30 menit sebelumnya jadi bisa buat alarm juga (membantu banget kalau sering ke bandara pagi-pagi dan takut gak bangun). Eh kok malah promosi. Gue full semua penerbangan pakai Airasia sih. Mampunya cuma LCC cuy. Hahaha. Penerbangan ke Phnom Penh sendiri harus transit dulu di KL. Bisa aja sih belinya langsung paketan. Maksudnya satu tiket dari CGK-PNE transit di KL juga, tapi jatuhnya lebih mahal beberapa ratus ribu rupiah. Jadilah gue beli tiket ngecer (beda-beda kode  booking), dari CGK-KUL terus KUL-PNH. Baliknya REP-KUL lanjut KUL-CGK. Alhamdulillah semua flight gak ada delay seinget gue.

Gue tiba sekitar 40 menit lebih awal dari Novan (flight dari Surabaya). Niatnya mau keluar bandara. Lumayan ada 3-4 jam waktu transitnya. Ternyata pagi itu antrian imigrasi KL ramai banget cuy. Kayanya ada sejam lebih cuma buat keluar imigrasi. Keluar imigrasi langsung masuk lagi. Hahaha. Absurd banget. Tadinya kita pikir karena tiket kita ngecer (nggak lanjutan), kita harus keluar imigrasi. Padahal mungkin pas abis landing bisa aja kita langsung ke transit. Entahlah, ada yang tahu gimana sebenernya kalau kode bookingnya beda harus keluar imigrasi atau bisa lanjut dan langsung ke transit? Oh iya, kemarin itu waktu pesawat mulai turun ketinggiannya, gue ngerasa ada bau-bau asap. Apa iya mungkin bau asap (kebakaran hutan) bisa masuk pesawat? Emang sih KL gak keliatan cerah waktu itu gara-gara asap kiriman dari Indonesia. Oh iya gue cuma bawa backpack sedang itu aja yang ada di foto. Iseng-iseng nimbang sih gak sampai 5 kg, pas pulangnya cuma nambah 0.5 kg. Ini trip di mana gue bawa tas paling simpel sih.

Ini udah lumayan sampai depan antri imigrasinya

Pesawat KUL-PNH ini gue sengaja prebook makanan. Lumayan lah cuma bayar 34k dan waktu sebelum berangkat tadi gue makan roti yang gue bawa dari kos. Lebih hemat daripada beli makan di KLIA2. Gue sengaja bawa beberapa roti sandwich sama sosis buat selama di Kamboja nanti siapa tahu kangen ”rasa Indonesia”, dan demi hemat.

Kita sampai di PNH sekitar pukul 13.00 dan waktu di PNH ini sama kaya di Jakarta. Jadi kalau jam tangan kalian gak smart-smart­ amat, gak usah diganti-ganti pas di KUL. Antara kaget gak kaget kalau toilet di kamboja adalah toilet kering. Huehehe. Bawalah tisu basah kalau kalian risih pakai toilet kering atau ambil tisu kering dibasahi dulu di westafel baru dibawa masuk toilet. Ssssttt.

Keluar bandara kita langsung cari simcard yang dijual didepan bandara. Gampang kok nyari outletnya, persis di depan pintu keluar. Harga simcardnya 7$ dapat 30 GB buat seminggu ditambah telepon lokal 5 menit kayanya. Banyak sih pilihan operatornya. Kemarin gue pakai provider Metfon dan lancar sih cuma dibeberapa lokasi emang agak susah.

Oh iya, bisa dibilang kita gak bener-bener bikin itinerary kemarin, tapi udah baca-baca referensi dari para blogger juga. Simcard udah dapet, terus ke hostel naik apa? Di bandara ada taksi, tuktuk, sama ada kereta juga. Kita mau coba naik kereta, tapi ternyata jeda jadwalnya lumayan jauh, harga tiket per orangnya 3.5$, dan kita gak tahu nanti itu stasiun deket gak sama hostel. Akhirnya kita naik tuktuk bandara aja. Tarif tuk-tuk bandara 9$ dan itu langsung ke depan hostel. Katanya sih kalau mau nyoba pakai tuktuk yang gak resmi alias di depan bandara bisa lebih murah, tapi karena waktu itu panasnya nauudzubillah jadilah kita naik tuktuk aja udah biar gak ribet.

Tuktuk resmi bandara

Sampailah kita di depan hostel persis. Di sini Novan bayar tuktuk pakai dolar terus kembaliannya campur-campur antara dollar sama mata uang Kamboja (Riel). Gitulah, jadi gue sendiri selama di sini suka mumet karena mata uang yang campur-campur pas dapet kembalian. Oh iya, kalian cukup bawa dollar aja gak perlu tukar mata uang Kamboja, toh nanti dapat dengan sendirinya. 1$ = 4.000 KMR. Kalau itung-itungan dan takut gak sesuai, pakailah kalkulator daripada dicurangi atau gak sengaja salah hitung karena gak semua orang pintar matematika perduitan.

Ternyata panas banget guys selama perjalanan dari bandara ke hostel. Sampai detik itu gue masih mikir kalau Kamboja masih musim panas kaya Indonesia. Ternyata tidacc.

Di PNH kita nginep di hostel ya bukan hotel. Kita nginep di hostel Onederz Phnom Penh 2 malam dan pesen yang 4 mixed dormitory. 2 malam 2 orang sekitar 389k. Selain hemat pakai hostel juga bisa jadi hemat. Ya pokoknya emang mau hemat aja. Sebenarnya bisa aja kita pesen semalam doang, toh malam kedua kita bakal naik bis menuju Siem Reap dan bisa juga tas kita ditaruh di lobby hostel (karena banyak juga yang nitip tas begitu). Jadi alasan kita booking 2 malam karena kita mikir hari kedua bakalan keluar seharian dan kita pengen mandi sebelum naik bis. Iya, gitu. Oh iya, kalian bisa pinjam handuk di sini, gak bayar cuma deposit aja 5$. Kebetulan temen gue lupa bawa handuk, untung gak perlu beli. Ini gimana sih, judul tulisannya ada embel-embel "hemat" tapi kenyataannya malah menghambur-hamburkan duit. Mohon maaf ini trip jadinya gak hemat-hemat amat ya.

Beds susunnya Onederz PNH
Ada tempat buat chilling di hostelnya
Mau ngerjain kerjaan kantor dan butuh PC juga bisa, uhuk.

Seperti gue bilang tadi kita emang gak bener-bener pakai itin, jadi pas sampai hostel kita leyeh-leyeh dulu sampai puas. Lagian panas banget di luar. Hostel kita ini kebetulan lokasinya strategis banget, jadi depan hostel ini semacam public space pinggiran sungai. Acara pertama kita adalah jalan sekitar hostel dan di situ ada beberapa kuil buat ibadah (Ounnalom Pagoda, semoga bener ini yang dimaksud). Ini kita masih berdua aja, soalnya Jawa baru landing dan dia ketemu sama temannya dulu di PNH. Awalnya sih panas banget nih di PNH padahal udah sampai jam 2an, tapi tiba-tiba mendung dan hujan. Ternyata PNH bulan September ini udah musim hujan. Walaupun hujannya itu kaya setengah jam hujan terus reda terus hujan. Gitu terus sampai malam. Kita sempat mampir tempat makan halal nih dan lokasinya dekat hostel. Namanya adalah Halal Restaurant. Menu dan harganya ada di foto ya. Novan nyobain Loklak dan gue nyobain nasi goreng seafood. Apa banget yak, jauh-jauh gue makannya nasi goreng. Nasi gorengnya enak guys. Loklak nya Novan juga enak, ya kaya beef (emang beef) tapi warnanya merah nyala. Gak tau ya pakai apa merahnya dan rasanya ada asem-asem manisnya.

View siang hari dari balkon hostel

Nasi goreng seafood dari Halal Restaurant

Loklak plus nasi
Ada pelangi di matamuuu

Ini pinggiran sungainya (walaupun keruh) tapi enak banget kalau buat buang-buang waktu. Bahkan sempat ada pelangi tuh gara-gara hujan-panas hujan-panas terus mungkin ya. Bagus euy. Ngomong-ngomong di sinilah kesialan gue dimulai, kunci kamar hostel hilang. Deposit 5$ melayang sekejap dihari pertama. Pas balik ke hostel sempat melototin jalanan sih, tapi gak ketemu juga mungkin kebawa arus pas hujan tadi. Kita sempat mampir di kuil juga sih, Ounnalom Pagoda, tapi kondisi gerimis juga jadi kurang menikmati. Pas lagi berteduh kita sempat dibribik sama abang tuktuk. Pokoknya dia ngoceh maksa kita ikut tour dia (lumayan juga bahasa inggrisnya). Kita juga gak bisa ngapa-ngapain karena lumayan deres juga hujannya waktu itu. Kita tanggapin aja secukupnya dan tetep intinya kita gak minat. Eh pas hujan reda mau balik bapaknya ngomel-ngomel pakai bahasa Kamboja, mungkin karena kita gak mau ikut tour bapaknya. Pengen gue marahin balik pakai bahasa jawa juga jadinya. Sampailah kita di hostel dan udah lumayan gelap. Botol minum gue juga ternyata gak ada di tas guys. Jadi hari pertama gue udah kehilangan deposit 5$ sama botol minum (ini penting sih). Kayanya ketinggalan di tempat makan halal tadi, cuma pas besoknya ke sana tanya sama pemiliknya katanya gak ada. Yaudah, ikhlasin.

Ounnalom Pagoda (semoga bener yang ini fotonya)

Malamnya kita ketemu Jawa, dia nginep di hotel dekat hostel kita. Kita gak tahu juga sih malam mau ke mana. Jadinya kita ketemu Jawa sama teman dia yang tinggal di PNH. Kita ngobrol-ngobrol aja di kafe. Agak malaman kita diantar sama temennya Jawa ke semacam pasar malam kali. Oh iya tuktuk di sini bisa dipesan lewat Grab guys. Bisa dibilang relatif murah lah, sekali jalan cuma sekitar 1$ apalagi kita dibagi bertiga (biasanya muncul pakai kurs Riel, tapi bisa bayar pakai dollar tinggal dikonversi sendiri aja). Tips kalau ke Kamboja enaknya bertiga atau maksimal berempat atau kelipatannya biar bisa patungan tuktuk. Ada juga sih model tuktuk yang lebih besar (muat 4 orang) tapi lebih mahal dikit. Kalau sendirian bisa lebih boros apalagi kayanya gak ada Grab motor di sini.

Taken with Redmi Note 7 eaaa
Ya gorengan-gorengan gitu lah
Telur setengah tumbuh

Gue gak tahu pasar malam ini namanya apa (sangat tidak informatif), pokoknya kita bertiga diantar ke sini sama temannya Jawa,  ternyata namanya Mbak Borin, cantik kaya gadis Kamboja (emang!). Banyak foodstreet di sini kaya sosis-sosisan ngono, ada juga telur setengah tumbuh alias udah agak berbentuk isinya. Gue di sini beli kaos kaki sih, soalnya kaos kaki gue basah pas kehujanan tadi. Skip, gak penting. Intinya kalian bisa nongkrong-nongkrong di sekitar sini, jalan dikit juga ada café-café berderet (kayaknya sih mahal-mahal) cuma enak buat nongkrong. Jelas dong kita gak ke sana.

Pinggiran "pasar malam" tadi bisa juga santai di pinggiran sungai
Rame buat tongkrongan di sini

HARI KEDUA PHNOM PENH

Hari kedua ini kita udah ada plan sih mau ke mana, direncanain tadi malamnya. Antara lain kita mengunjungi National Museum, Royal Palace (yang ternyata tutup sampai jam 2 siang, katanya setiap Jumat), Tuol Sleng Genocide Museum, Central Market, Wat Phnom.

Kita keluar sarapan kayanya jam 8 dan kita sarapan di resto halal yang kemarin dan gue beli nasi goreng lagi. Demi apa gue makan nasi goreng lagi. Soalnya gue takut perut gue kenapa-napa kalau makan yang lain. Tujuan pertama kita ke National Museum. Kita cukup jalan kaki dari hostel buat menuju Royal Palace sekitar 1 km mungkin, tapi gak kerasa karena kita sempat mampir juga ke kuil yang lagi ada peribadatan (pagoda yang tadi gue sebut). Kebetulan pagi itu orang-orang memang ada kegiatan ibadah khusus. Kalau mau masuk ke kuilnya lebih baik pakai baju yang sopan dan celana panjang, tapi kalau cowok mungkin lebih gak apa-apa. Maksudnya pakai celana di bawah lutut aja masih boleh, tapi tetep cowok gak boleh pakai rok mini ya.

1. National Museum.

Tiket masuk National Museum itu 5$ tanpa guide. Kalau kalian ingin bener-bener tahu isinya tentang apa saja bisa sewa tour guide. Kita gak pake tour guide dan cuma mengandalkan informasi yang ada di dalam museumnya. Sebagian besar bangunan museum ini berwarna merah. Warna merahnya cukup ikonik sih menurut gue. Sebagian besar isinya berisi artefak-artefak kuno. Buat yang suka sejarah pasti bakala suka lama-lama di sini. Datang pagi-pagi lebih disarankan kalau mau dapat foto-foto bangunan yang bagus, soalnya kalau siang sedikit kaya kemarin sudah ramai.

National Museum of Cambodia
Harga tiketnya (kelihatan gak?)
Banguna di dalam National Museum

Jalan dikit kita sampai di Royal Palace, tapi seperti yang gue bilang tadi kalau tempatnya ditutup sampai jam 2 siang. Jadi kita memutuskan buat ke Tuol Sleng Genocide Museum dulu. Sebelum ke museum kita sempat jalan sebentar di sekitaran depan komplek Royal Palace, namanya Royal Palcae Park. Semacam alun-alun dan banyak burung dara di sini. Kalian juga bisa ke sini pagi-pagi buat ngasih makan burung dara. Ada yang jual biji jagung 1$ dapat 4-5 bungkus. Bisa foto ala-ala lagi dikelilingi burung (lebih tepatnya ngusir burung). Bagus nih tempatnya, tapi lumayan panas juga kalau mulai siang. Kita ke musem naik Grab tuktuk dong. Gak sampai 2$. Pokoknya terbilang  murah kalau ngetuktuk bareng-bareng.

Buat yang suka mainan burung pasti betah di sini
Pas masih cerah-cerahnya di Royal Palace Park

2. Tuol Sleng Genocide Museum

Museum ini adalah bangunan tua tempat para tahanan politik yang mana pada saat itu ditahan dan disiksa sebelum dibawa ke killing field. Oh iya kiita gak sempat ke killing field karena lumayan jauh juga dan mungkin ekspektasi kita di sana cuma semacam “field” yang ada seram-seramnya. Tiket masuk Tuol Sleng Genocide Museum ini sebesar 5$, bisa pinjam headset yang nanti ada rekaman penjelasan di masing-masing spot di museum. Sayangnya kita gak pinjam karena bayar lagi. Kita cuma mengandalkan keterangan-keterangan yang di gambar/foto sama ngikut rombongan bule yang sewa guide, lumayan. Mungkin yang pernah ke Vietnam pernah juga mampir ke War Remnants Museum yang di sana juga menceritakan korban perang Vietnam vs Amerika pada zaman itu, Tuol Sleng ini juga punya aura-aura yang sama. Rasanya bakal maknyesmaktentreb pas lihat dokumentasi-dokumentasinya. Beberapa bagian museum gak boleh difoto, tapi mau difoto juga buat apa. Gue juga ga berani foto ruangan yang isinya ranjang, rantai, sama semacam pemotong leher kali ya itu. Serem emang tapi layak dikunjungi. Di sini kita bisa belajar bahwa kekacauan negara bisa berdampak mengerikan dan kasusnya di sini adalah perbedaan pandangan politik (cmiiw). Banyak juga foto-foto korban yang dipasang di sini. Dari anak-anak sampai orang tua. Ada juga saksi hidup yang kebetulan saat itu lagi bercerita ke rombongan bule-bule dan ya tentu kita ngikut numpang dengerin. Suasana tambah mendukung karena tiba-tiba mendung dan gerimis. Seremnya nambah sih. Ditambah lagi Jawa malah ngepencar sendirian gak tahu di mana. Terus tiba-tiba pas di Royal Palace dia cerita, katanya pas lagi di museum ini dia sempet berhenti di sudut bangunan buat benerin tali sepatu dan waktu itu dia lihat anak kecil mondar-mandir  di depannya sendirian. Dia gak perhatiin juga sih, tapi seharusnya sih gak ada tuh anak kecil mondar-mandir sendirian lagi. Secara hampir semua pengunjung itu dewasa semua waktu itu setahu gue. Ya cuma Jawa dan Tuhan yang tahu ya, itu anak kecil siapa (Jawa gak tahu juga sih kayanya). Harusnya sih cocok buat konten Youtube nya Risa atau Kisah Tanah Phnom Penh.

Ada banyak papan berisi foto-foto para korban
Halaman Tuol Sleng Genocide Museum

3. Central Market

Kita lanjut ke Central Market naik Grab tuktuk lagi. Central Market ya seperti pasar pada umumnya ya. Isinya macem-macem dari alat-alat elektronik, baju-baju, sama makanan-makanan. Sempat bingung mau beli oleh-oleh apa yang khas Kamboja banget. Sampai akhirnya beli tshirt doang. Penjualnya lumayan juga bahasa inggrisnya. Kalau bisa sepik-sepik bisa dikasih murah. Misalnya, saya beli 5 buah tshirt itu 10$, tapi campur-campur ukurannya. Padahal awalnya dia jual 4$ per buah kalau gak salah. Kualitas? Lumayanlah untuk harga semurah itu. Sayangnya penjual makanan di sini gak begitu jago bahasa inggrisnya. Kita sempat muter-muter mau nyobain fish amok, tapi pas tanya-tanya ke penujualnya mereka gak paham. Akhirnya kita melipir aja jalan ke tempat lain buat cari makan. Lumayan jauh juga kita jalan sampai akhirnya ketemu resto halal lagi. Kali ini menu-menunya masakan Malaysia, tapi karena restonya lumayan bagus harganya juga lumayan selisih. Kayaknya gue makan nasi pakai ikan.

Central Market

Loh kok ada emak-emak Tanah Abang
Mamak Corner Halal Food di Phnom Penh

4. Wat Phnom

Abis makan kita lanjut ke Wat Phnom. Tempatnya kaya semacam ruang terbuka hijau tapi di tengah ada kuil di bagian atasnya. Di sini bisa buat santai-santai, tapi sayangnya mulai gerimis lagi jadi ga bisa lama-lama. Tiketnya cuma 1$ guys.

Kok gue gak ada foto-foto di Wat Phnom yak? Googling aja ya kalian.

5. Royal Palace

Tujuan terakhir kita balik lagi ke Royal Palace. Lumayan mahal juga harga tiketnya yaitu 10$. Sayangnya bangunan utama lagi ada renovasi. Gak begitu banyak yang bisa dilihat-lihat sih di sini kecuali ya emang bangunan-bangunannya bagus baut foto-foto. Mirip-mirip kaya palaces yang ada di Thailand menurut gue. Sebenernya gue juga agak lupa ngapain aja di sini kecuali ambil fotonya Jawa berkali-kali karena gak pas juga, eh. Hahaha, peace Wa!. Kelar dari Royal Palace kita balik ke hostel jalan kaki, kan dekat doang, tapi gak jadian. Eaa. Pasih.

Royal Palace (gue suka banget sama foto ini btw)

Seperti yang gue bilang kalau kita pesan hostel 2 malam karena mau isitrahat bentar sama mau bersih-bersih sebelum lanjut naik bus malam ke Siem Reap. Ini cukup berguna sih menurut gue daripada pas naik bis malah gak nyaman dan kebetulan sempat hujan juga jadi agak risih jadi badannya. Sebelum berangkat gue sempat makan dulu di rooftop hostel ini. Harga makanan lumayan sih, tapi pemandangan dari rooftop ini bagus. Bisa liat taman dekat sungai, liat sungainya waktu malam pas ada kapal-kapal yang kaya resto itu apa namanya ya. Sayangnya harus buru-buru buat ke agen bus karena jadwal berangkat busnya jam 8. Kita udah beli tiket busnya pas di Indonesia lewat Easybook. Harga tiket perorangnya sektiar 180k per orang. Beda jam berangkat dan beda agen busnya bisa beda harganya ya. Kita naik bus milik Virak Buntham. Agen busnya cuma sekitar 300 m dari hostel. Strategis banget kan hostelnya? Cukup jalan kaki ke sananya. Ternyata model busnya ini benar-benar sleeper bus. Jadi bukan tempat duduk yang terus dimiringin (ditidurin), tapi ini langsung kaya kasur. Naik bus model gini lebih enak sama teman sendiri kayanya daripada tidur sebelahan sama orang yang benar-benar asing, karena lumayan sempit juga. Buat ukuran orang yang sedang cenderung kecil kaya gue sih nyaman-nyaman aja, tapi buat yang tingginya udah 178 ke atas kayanya kurang nyaman apalagi kalau badannya lumayan lebar, bakalan susah gerak. Jadi pilih aja bus yang tidur (hah bus kok tidur?) atau duduk biasa.

View malam dari rooftop resto hotel

Perjalanan naik bus ini sekitar 5 jam. Gue udah langsung klenger pas bus mulai jalan, padahal gak minum antimo. Di tengah perjalanan sempat kebangun karena ada yang turun dan kelambu deket gue kegeser-geser terus. Lucunya sektiar jam 1 busnya berhenti dan posisi gue udah bangun tapi gak tahu itu di mana. Gue lihatin aja orang pada lewat buat keluar bus (kebetulan kursi gue, kasur lebih tepatnya, dekat pintu keluar bus). Lumayan lama sampai akhirnya kernetnya ngasih tahu kalau ini udah sampai Siem Reap. Langsung lah kita melek dan nyiapin barang. Jadi kernetnya punya catatan ternyata seat nomor berapa turun di mana jadi di akhir dia bakalan ngecek. Turun dari bus kita langsung buka map buat lihat jalan ke hostel. Sebelumnya sempat ngecek sih kalau dari tempat turun bus harusnya tinggal jalan kaki buat ke hostel. Bener aja. Kita cuma tinggal jalan sekitar 300-400 m ke hostel dan kita nginep di Onederz cabang Siem Reap, hahaha. Hostel yang di sini justru lebih besar dan lebih bagus. Lihat aja foto-fotonya. Kita dapat kamar yang isi 4 beds campur. Kita bertiga dan ternyata udah ada isinya satu orang bule. Kita sempat bersih-bersih terus tidur sebentar sebelum jam 4.45 janjian sama abang tuktuk. Gak bener-bener tidur sih, tapi lumayan bisa rebahan sampai jam janjiannya. Jadi kita udah kontak sama abang tuktuk sebelum berangkat ke Kamboja dan kita dapat nomernya dari salah satu blog yang kita baca. Waah mungkin sebenernya gak bisa tidur karena gak sabar mau muterin Angkor Wat seharian. Hahaha. Hari ketiga dan keempat di Siem Reap masih ditulis. Semoga segera ada mood baik buat ngelanjutin.