Backpacker-an (Hemat) Singapore - Malaysia 3

Buat yang belum baca part 1 dan 2 bisa cek di sini
Terminal Bersepadu Selatan ternyata ada di seberang jalan. Buat ke sana perlu naik eskalator terus nyeberang lewat jembatan penyeberangan. Nah di sini terminal terintegerasi sama stasiun MRT. Sampai di terminal cukup terkesan juga sih, karena terminal busnya emang besar dan mirip-mirip kaya bandara. Terminal Tirtonadi Solo masih kalah, hehe. Gue langsung menuju toilet dan antrinya udah panjaaaaang. Mungkin karena emang pas jam mau subuh juga. Akhirnya gue milih cari tempat duduk dulu sambil memantau itu antrian udah abis belum.
Suasana di dalam Terminal Bersepadu Selatan
Kalau baca-baca di blog sih katanya bisa mandi di terminal ini tapi entah di mana. Soalnya di toilet ini ditulis dilarang mandi. Jadi ya gue cuma lap-lap aja badan pakai tisu basah sama ganti baju, wikwik. Ini kenapa ketawa gue jadi wikwik gini. Kelar bersih-bersih gue ke mushola yang cukup kecil untuk sekelas terminal yang besar. Kelar solat mulai bingung mau ngapain. Cek hp kok internet gak bisa nyambung, terus panik. Coba nyari free wifi dan dapat walaupun lemot. Gue inisiatif nge-chat CS Javamifi. Nah enaknya di JavaMifi ini CS nya 24 jam. Gue coba chat aja lewat websitenya. Ternyata cukup perlu diganti APN nya aja sesuai petunjuk di kertas panduan. Untung banget CS JavaMifi ini responsif. Kalau gak bingung bakal bingung juga di negara orang internet hp mati. Lanjut gue coba beli kartu semacam emoney di 711, ternyata gak jual. Sampai semua minimarket gue tanya gak ada yang jual (di dalam ada 5 minimarket kalau ga salah). Bahkan gue disuruh sekuritinya ke CS terminal dan di sana pun gak ada. Terus gimana?? Akhirnya gue memutuskan balik ke mushola dan tidur, hahaha. Mushola udah sepi dan beberapa orang tidur di sana. Gue ikutan aja. Lumayan dapat tidur hampir dua jam. Bangun gara-gara perut kemerincingan. Gue menuju 711 buat cari sarapan. Di antara bermacam-macam makanan gue tetep belinya Indomie (Indomie cup) ditambah mereka jual sosis sama bakso ikan sama bakpao. Indomienya gak seenak di Indonesia, menurut gue kurang micin. Sosis, bakso, sama bakpaonya enak dan pas di lidah. Jadi sarapan gue kenyang dan gak sia-sia.
Sarapan di Terminal

Tiket koin sekali pakai.

Tiket kartu isi ulang

Kelar sarapan gue menuju stasiun MRT buat ke Batu Caves. Sempat bingung karena belum punya emoney dan di terminal gak ada peta MRT apa peta KL. Nekat aja nanya sama mbak-mbak orang Malaysia yang ternyata dia mau naik MRT juga. “Sudah ikut saya saja, saya juga mau ke arah Batu Caves. Nanti beli emoneynya di loket MRT aja” gitu katanya. Mbak-mbak ini lebih informatif dan helpful daripada petugas-petugas di terminal.  Gue beli emoney di loket MRT seharga 15.2 MR berisi saldo 10 MR dan sisanya harga kartu. Jadi nanti kalau udah mau habis harus di top up. Kalau gak beli kartu juga bisa, beli aja koin yang fungsinya sama, tapi cuma bisa dipakai sekali jalan dan harus antri loket lagi kalau mau naik kereta. Fyi, gue gak jadi bareng mbaknya ke arah Batu Caves karena gue harus naruh tas dulu di KL Sentral. Mbaknya terlihat sedih. Nah, di KL Sentral ini kayaknya emang semacam stasiun transit dari macam-macam jenis transportasi di KL. Ada LRT, MRT, KTM, KL Express, sampai bus. Gue mampir ke sini karena gue baca-baca di blog katanya di sini ada loker sewaan buat taruh barang-barang. Lumayan kan  daripada gue ke mana-mana bawa tas ransel. Bisa-bisa pundak gue kebas kalau ranselnya ga ditaruh loker. Harga sewa lokernya untuk ukuran kecil (atau sedang ya, gue lupa) 10 RM buat 12 jam. Pas buat taruh tas ransel. Ini mesinnya autoservice, tapi gampang kok ada petunjuknya dan nanti pas mau diambil itu tinggal scan wajah. Ingat, pastikan semua barang yang mau dibawa jangan sampai ketinggalan di loker, karena kalau loker dibuka artinya lu dihitung sewa 12 jam itu. Pastikan aja dokumen-dokumen sama uang udah dikeluarkan. Gue cuma bawa itu, ditambah topi, payung, sama botol minum aja.
Stasiun MRT TBS, mirip-mirip Stasiun Buaran lah.

KL View dari jembatan penyeberangan TBS

Penyewaan loker di KL Sentral
Apakah Muhammadiyah juga akan segera buka cabang di sini?

Buat ke Batu Caves kita harus naik KTM, bukan MRT atau LRT. Batu Caves itu stasiun terakhir, jadi gampang lah buat sampai ke sana. Sampai di Batu Caves ternyata cuaca cerah, padahal tadi pagi gelap sampai gerimis. Di Batu Caves gue jalan aja sendirian, soalnya mau sok kenal sama turis-turis lain masih males, hehe. Walaupun gitu, gue tetep memberanikan diri buat minta tolong difotoin lah. Sayang udah sampai sana gak foto, masa iya selfie semua. Naik ke Batu Cavesnya lumayan tinggi juga dan sekarang tangganya sudah berwarna-warni. Dulu kan belum berwarna-warni. Jadi ya Batu Caves ini adalah objek wisata gua berbatu. Ditambah ada patung-patung, burung-burung, kuil-kuil hindu, sampai monyet-monyet. Kalau ke sini gak usah buru-buru. Nikmati aja gimana rasanya berada di antara burung-burung merpati sama monyet-monyet liar. Kapan lagi kan? Kalau mau ada juga tour perjalanan dalam gua, cuma menurut gue kemahalan. Gue saranin ke sini jangan pakai sepatu aneh-aneh, pakai aja sepatu kets apa sendal gunung kaya gue sama beli minum dulu di bawah sebelum naik tangga. Kelar naik menikmati Batu Caves gue mampir beli kelapa muda batokan, ternyata rasanya sama aja (iyalah). Bedanya ntar dikasih sendok buat ngerokin daging kelapanya di mana itu sendok umum yang dipakai banyak orang. Gak dicuci. Cuma ditaruh di mangkok kobokan. Gak dikerok dagingnya sayang juga. Dilematis.
Kuil di luar Batu Caves
Kuil di luar Batu Caves.
Batu Caves

Kang Parkir Goa
Kalau mau caves tour,  menarik tapi mahal.
Bisa lihat KL dari atas sini.
Suasana di dalam goa.
Zoom in, di ujung sana pas lagi ada ibadah.
Bisa jadi spot bagus buat ngisi feed IG.
BONUS!!! Begini nasib gak ada yang fotoin.

Balik ke stasiun Batu Caves ternyata emoney gue gak bisa dipakai masuk. Padahal dari KL Sentral bisa dipakai. Gak kebaca sistem kayaknya. Jadi terpaksa gue beli koin tiket. Eh pas antri di loket denger mas-mas dua orang depan gue ngomong pakai Bahasa Indonesia. Gue sapa lah mas-mas itu. Siapa tahu bisa gabung jalan bareng di KL. Setelah kenalan masnya bilang “Kita bawa rombongan tour mas, itu bersekian belas”, Mas Iqbal namanya. Waaaaw. Gue PD banget minta gabung sama rombongan tour orang, hahahaaa. Untungnya Mas Ikbal sama temannya dokter Derie ini baik banget orangnya jadi gue boleh gabung ikut mereka. Mas Ikbal ini dari iTour Travelindo Wisata Bandung bawa rombongan ibu-ibu puskesmas. Jadilah seharian sisanya gue bersama mereka. Untung banget ketemu rombongan ini, walaupun gue punya itinerary sendiri tapi kurang lebih tujuannya sama sih. Jadi seenggaknya ada teman ngobrol dan gak khawatir nyasar-nyasar karena masnya udah ke KL berkali-kali. Sok atuh lah, kalau punya rombongan mau ke mana-mana sama Mas Ikbal iTour aja, orangnya ramah banget dan peserta rombongan pun dilayani dengan sangat baik. Bahkan Mas Ikbal sama dokter Derie aja sepanjang jalan ngasih gue tips seputar traveling, padahal kan cuma “penyusup” di rombongan mereka.

Masjid Jamek
Interior dalam masjid
Bagian luar masjid bisa buat istirahat.

Tujuan selanjutnya kita menuju ke Masjid Jamek. Aristektur masjidnya bagus. Di sini solat sekalian istirahat sebentar. Lanjut dari Masjid Jamek kita menuju ke Pasar Seni (Central Market) ngelewatin Dataran Merdeka. Jalanan menuju dan di Dataran Merdeka bagus buat foto-foto juga. Kalau mau bisa juga masuk ke museum-museum yang ada di sana (gue sih gak masuk karena takut kesorean juga). Jalan dari Dataran Merdeka ke Pasar Seni juga gak kerasa jauh, karena kita dikasih view bangunan-bangunan berarsitektur indah. Kalau mau beli oleh-oleh bisa beli di Pasar Seni saja (daripada di Chinatown). Lengkap kok dari pernak-pernik, baju/kaos, makanan (bahkan gue dikasih klepon sama salah satu rombongan, ternyata ada putu di sana). Sebenernya gue sendiri udah males mau beli oleh-oleh lagi berhubung kapasitas tas dan pundak terbatas, tapi ya akhirnya beli juga. Lumayan dapat Milo Cube sama kaos tulisan KL. Ada kedai-kedai juga di sekitar sini dan kalau banyak waktu cocoknya mampir sambil menikmati suasana sekitar. Walaupun namanya “pasar” tapi tempatnya bersih banget dan pedagang tertata semua, lantainya aja bisa buat duduk-duduk (selama gak ketahuan petugas, haha).

Gedung apa ya?

Gue suka pedestriannya.

Coba aja masuk ke sana.

Mendung doang hujan gak.

BONUS!!!

Berbagai macam jenis Milo.

Oleh-oleh lain juga banyak.

Sekitaran Pasar Seni

Pasar Seni

Jadi dia restoran apa tempat cukur rambut?

Jadi putu asli Indonesia apa Malaysia? Hayoo

Sisi samping gedung Pasar Seni.

Kelar menunggu ibu-ibu belanja kita lanjut menuju Petronas Tower. Waktu itu kondisi masih sore terang dan emang cocok banget buat duduk-duduk di taman dekat mall nya sambil nunggu lampu towernya nyala. Tungguin sampai malem ya di sini kalau mau lihat atraksi air mancur yang ada musiknya. Akhirnya kita mengakhiri perjalanan hari ini di Petronas Tower (lebih tepatnya nontonin Petronas Tower, karena gak beneran naik ke towernya). Tadinya walaupun gue udah berbekal itinerary masih ketar-ketir bakal nyasar. Untungnya kok ya ketemu mas Ikbal sama dokter Derie, menyusup di rombongan tur mereka. Terima kasih banyak.

Tambah sore tambah ramai. Lihat Setan gak?

Petronas Tower sore.
Petronas Towe malam.

Akhirnya foto mainstream juga.
Petaling Food Street malam hari.

Balik dari nontonin Petronas Tower karena udah mulai gerimis pas malam. Gue malam itu dapat host Couchsurfing yang mau ngasih tumpangan nginep di KL. Kita janjian ketemu di stasiun KL Sentral dan baru ketemu jam 10an malem karena dia ada keperlua dulu. Kondisi badan udah cwapek tapi belum makan malam juga dan host gue ngajakin makan ke Petaling Street (food streetnya KL). Ramai banget cuy walaupun abis hujan kayaknya di sini. Banyak makanan macem-macem dari makanan berat sampai snacks. Hal yang agak aneh aja menurut gue. Itu jalanan kan dipakai jualan macem-macem kanan kiri dan banyak orang lalu lalang, tapi beberapa mobil masih aja lewat. Kalau di Indonesia udah dilemparin upil kali itu mobil. Kita sampai apartemen jam 12 kurang langsung bersih-bersih dan tidur. Jadi besoknya itu libur Maulid Nabi juga di Malaysia, tapi host  gue ini kerjaannya IT jadi dia intinya gak libur tapi kerja di rumah. Jadi ya gue hari kedua KL mbolang. Dan saking capeknya gue abis subuh tidur lagi sampai jam 10 (baru kepikiran sekarang, ini niat mau jalan-jalan apa gak sih bangunnya siang amat). Gue kasih tau ke dia kalau gue ada rencana ke Putrajaya hari itu seharian dan langsung menuju bandara. Dia ngasih tahu kalau transportasi ke Putrajaya agak susah, juga dari sana menuju ke Bandara. Jadi gue coret aja list ke Putrajaya haha. Alhasil hari itu gue muter-muter KL lagi. Pertama gue ke Chinatown sih. Di sini gak serame kaya Chinatown Singapura. Tempatnya gak begitu luas, gak begitu ramai, dan barang-barang yang dijual gak begitu menarik menurut gue. Untung emang gue udah gak bakal beli apa-apa lagi. Terus gue naik bus wisata gratis di KL, GO KL ya namanya kalau gak salah. Ada beberapa rute. Kayak  busway city tour nya Jakarta. Gue nyobain beberapa rute buat keliling KL sampai siang. Dari halte bus berhenti gue memutuskan untuk ke Masjid Negara, berhubung males naik MRT (soalnya harus jalan kaki lumayan jauh dari stasiun ke masjidnya) dan uang ringgit gue masih “banyak” jadi gue  nyobain naik Grabcar aja. Tarifnya mirip-mirip lah sama di Indonesia. Di Masjid Negara solat sekalian makan, di depan masjid ada yang jualan makanan. Sayangnya, masjid lagi direnovasi jadi ga bisa liat semua tempat di sana. Selesai muter-muter masjid mau lanjut ke bandara tapi masih terlalu sore sedangkan penerbangan gue jam 11 malem. Jadi gue nunggu ashar sekalian. Di sela-sela nunggu gue ngantuk banget dan secara (gak) sadar gue pake ransel nya buat bantalan dan tidur begitu enaknya di pinggiran masjid. Sampai ketika ada petugas masjid ibu-ibu berseragam bangunin gue dan ngasih tau kalau gak boleh tidur begitu di area masjid. “Boleh tidur sambil duduk”, begitu katanya. Yah, udah terlanjur gak ngantuk lagi gara-gara kaget. Tapi memang pas gue bangun itu masjid tiba-tiba udah ramai pengunjung pakai jubah-jubah ala Harry Potter. Ternyata mereka wisatawan non muslim yang masuk ke area masjid dan pihak masjid menyediakan jubah itu buat dipakai.

Mirip Sri Mariaman di Chinatown Singapura, ini juga dekat Chinatown KL.
Bus GO KL Gratis Keliling KL!!!
Nah ini gue coba grabcar di KL.
Masjid Negara sedang renovasi saat itu.

Zoom in. Kaget, siapa dia?

Ternyata ini asal muasalnya.
Jadwal bus bandara KL Sentral - KLIA2 tiap 20 menit.

Tarif bus bandara.

Tiket bus bandara.

Bus bandara seat 2-1 apa 2-2 ya, lupa.
KFC di KL Sentral

Setelah ashar-an gue naik Grabcar lagi ke KL Sentral buat naik bus ke bandara. Gue laper lagi dan menyempatkan buat nyobain KFC nya KL, yang menurut gue gak seenak di Indonesia, cuma di sini ada sambel bangkok yang ternyata enak dipakein di ayam. Kelar makan gue menuju ke area penjualan tiket bus yang mana ada di lantai bawah sekali. Di sini gue beli tiket bus seharga 12 MYR kalau gak salah dan busnya cukup nyaman dan lebih bagus dari DAMRI. Sebenernya bisa juga ke bandara naik KLIA express atau kereta bandara, cuma mahal tiketnya sekitar 55 MYR. Sampai di bandara langsung check in dan masuk boarding room dan semua proses imigrasinya lancar. Inilah cerita gue ngebolang ke Singapura-Malaysia. Pergi-pergi sendiri ada enak ada gak enaknya juga. Enaknya kita bisa nentuin mau beli tiket kapan, buat kapan, harga berapa, ke tempat wisata mana aja, selama apa, gak ribet diskusi-diskusian, bisa ganti tujuan kaya gue pas gajadi ke putrajaya, cukup menantang, ketemu orang-orang baru gara-gara mau gak mau harus banyak tanya rute, dapat cerita dari sesama backpacker, dan lain sebagainya. Gak enaknya ada rasa was-was, kalau bener-bener sendiri mungkin stress juga gak ada orang yang bisa diajak cerita hari itu ngapain aja, untuk beberapa biaya harus bayar sendiri alias gak bisa patungan, dan lain sebagainya. Buat gue ini pengalaman yang istimewa karena pertama kali ke luar negeri sendiri dan jadi kepengen lagi😊.