Backpacker-an (Hemat) Singapore - Malaysia 2

Kayanya gue perlu ganti judul ya, karena ini trip gak hemat-hemat amat kalau ga dapet harga tiket yang bagus. Jadi ini lebih ke cerita gue yang berkebatasan dana tapi nekad aja main dan gimana ceritanya “jalan sendiri” yang gak sendiri-sendiri amat.

Seminggu sebelum berangkat gue memberanikan diri buat minta cuti sama boss. Gue kira mereka bakal gimana gitu, soalnya kerjaan lagi lumayan padat ke luar kota. Eh ternyata mereka ngasih cuti dengan gampang. Terus gue mulai request host pakai aplikasi CS (Couchsurfing) di Singapura. Hasilnya? Ada yang mau jadi host, eh tapi beberapa hari kemudian dia ngabarin bakal ada keperluan, jadi gagal dapat host. Akhirnya memutuskan buat cari budget hotel ajalah. Sebenernya kalau baca-baca blog banyak yang pakai hostel atau dorm ngunu, tetapi karena gue orangnya curigaan dan insecure kalau nginep ramai-ramai jadi gue pilih cari hotel aja yang ”murah” di Singapura. Gue pesen deh di Hotel 165 pakai Agoda. Semalam kena sekitar 60 SGD. Eh tapi jangan salah! Ini hotelnya sangat strategis karena paling cuma 50 meter dari Mustafa Center dan 100 meter ke stasiun MRT Farrer Park. Kemudian gue dapat temen, dia surfer dari Perancis yang mau trip sharing di Singapura. Lumayan kan dapat temen.
Beneran Tengah Malam Sampai Sana

Hari-H tiba. Gue sengaja masuk kantor setengah hari dan sorenya menuju bandara. Buat yang dari Jakarta mau ke bandara kalau pengen hemat bisa naik Damri atau sekarang sudah ada Kereta Bandara yang jadwalnya lebih bisa diandalkan, dan gue naik kereta bandara (cuma 70k). Cuaca sore itu cerah banget, sampai-sampai tiba di stasiun BNI City udah kelebes kaos gue. Kenapa? Karena gue udah pakai jaket dari kosan, dan itu jaket tebel (jaket gunung). Padahal gue cuma bawa kaos ganti 2 biji doang buat di Singapura & Malaysia karena ntar kepikiran kaos yang beli di sana langsung gue pakai aja biar hemat space di tas. Yasudahlah. Kaos udah basah bau keringet gak karuan.


Sim Card - Javamifi

Sampai di Terminal 3 gue coba kontak orang yang nganter simcard gue. Nah btw, gue emang beli simcard di Indonesia, di JavaMifi (cek aja di Java Mifi). Di sana ada 2 jenis produk, pocket wifi sama simcard. Bisa bermacam paket dan berbagai negara. Nah yang pas buat gue itu pakai simcard paket Singapura-Malaysia 5 hari seharga 150k. Kerennya gue dapat kupon bonus 50k jadi cuma bayar 100k aja. Murah kan? Nah yang mau keluar negeri coba aja booking di Javamifi, agen yang nganter simcard di bandara juga ramah dan kamu bisa infoin ke mereka kapan dan jam berapa mau ambil produknya, tapi jangan sampai nggantungin agennya ya, kasian nungguin lama di bandara hehe. Kalau ke luar negeri lagi gue juga bakal pakai jasa JavaMifi lagi. Gimana cara pakainya? Untuk simcard tinggal di pasang aja pas udah sampai di negara tujuan. Bener waktu itu gue pasang pas tiba di Singapura dan voilaaa… langsung internet on. Buat kecepatan internet juga oke dapat sinyal 4G terus.
Bisa 3 Jenis Simcard + Manual Guide
Simcard udah ditangan gue menuju konter check in. Buat berangkat ke Singapura gue pakai pesawat Scoot dan pesan dari Traveloka. Tinggal menuju ke imigrasi dan beres. Nah, ternyata Scoot ini waiting roomnya ada di gate 1 (paling ujung di terminal 3) lumayan juga jalannya, untung adem jadi ga keringetan (lagi) hahaha. Gue masih sempet solat sebelum boarding jam 7.30 malem. Gak makan malem? Kebetulan gak. Selain biar hemat, gue emang udah makan pas sore sebelum berangkat. Ditambah lagi gue bawa Sariroti sandwich sama Sosis SoNice yang emang sengaja bawa kalau-kalau di Changi ntar kelaparan. Pun gak gue makan karena hati gue sedang riang gembira dan tak kenal kata lapar. Barulah setelah perjalanan sekitar 1,5 jam kali ya dari CGK-Changi gue mulai lapar. Sebelum ngurusin perut lapar gue mikir keras gue mau nunggu pagi di Changi di sebelah mana??? Info dari blog yang gue baca kalau kita sampai di Changi tengah malem mending nunggu pagi di bandara aja. Satu kalimat yang terngiang di kepala gue “jangan keluar imigrasi dulu, nunggu aja di transit lounge”. Gue inget-inget itu kalimat, tapi apa yang gue lakukan? Gue lewatin itu imigrasi!!! Jadi setelah gue ngelewatin imigrasi itu masih di dalam bandara emang, tempat buat ngambil koper-koper ngunu, tapi ada satu petugas yang jaga di situ, dan kan gak enak ya diliatin terus sebenernya kondisi saat itu cukup sepi dan bangku banyak yang kosong. Alhasil gue memutuskan keluar pintu. Ternyata itu bagian luar bandara ya semacam area kedatangan pada umumnya. Dalam hati gue menyesal sedalam-dalamnya kenapa harus keluar imigrasi dulu. Sebenernya dulu waktu ke Vietnam gue juga transit di Singapura dan gue keluar imigrasi sementara gue belum punya boarding pass buat tiket ke Vietnamnya. Ya sama persis kaya gini, ngelemprak ndelosor di kursi luar bandara. Untungnya waktu itu sama Mas Dion, ada temennya berdua. Sekarang kejadian lagi??? Bener-bener gak habis piker sama diri gue sendiri, haha. Gak ada pilihan lain selain tidur di kursi-kursi kosong di luar. Waktu itu gue nyari kursi sampai ke lantai 3 kalau gak salah yang gue piker cukup kondusif dan aman. Selain kursi-kursi kosong, ada juga kok food court yang 24 jam. Beli aja makan di situ, terus numpang ngantuk-ngantuk. Gue pilih tidur berbantal tas backpack dan untung gue bawa bantal leher tiup. Nah ini tips nih, kalau males bawa bantal leher yang besar pada umumnya mending bawa yang model tiup. Bisa dipakai buat kapan aja terus dilipet kalau udah kelar. Sangat berguna! Gue tidur kaya ayam soalnya sekitar tiap sejam-dua jam gue kebangun, tapi lumayanlah. Gue lihat jam udah sekitar jam 5.30an waktu itu, berarti bentar lagi subuh kalau di Singapura. Gue bangun dan coba cari-cari prayer room sampai ke lantai bawah lagi. Eh kata customer service-nya itu mushola cuma ada di dalam bandara. Untung gatau gimana ceritanya gue sengaja bawa sajadah. Gue cari tempat yang agak sepi, kalau ga salah di Lorong deket eskalator mau ke stasiun MRT. Gue solat di situ dan diliatin beberapa orang yang lewat. Berasa di film-film :’). Kelar solat gue jalan-jalan bentar ke sekitar. Ternyata eh ternyata, di depan pintu kedatangan kan masih kaya semacam ruangan dan banyak kursi, buanyak juga yang pada tidur di kursi-kursi itu. Bahkan di kursi empuk yang buat nunggu bis/taksi. Ada juga yang bawa alas dan selimut tipis terus tidur aja gitu di depan sana. Gak diusir. Jadi ya kalau terlanjur keluar pintu imigrasi di Changi, bergabunglah dengan mereka, tapi tetap hati-hati sama barang bawaan.

Loket Pembelian Kartu STP (baru buka jam 8 pagi)

Jam 7 pagi masih gelap ditambah mendung dan gerimis. Dalam hati sih mbatin, duh ini gimana nih masa udah sampai sini malah hujan. Jam 8 pagi loket buat beli Singapore Tourist Pass (STP) baru buka. Gue sengaja beli yang buat 2 hari dan bayar 26 SGD (10 SGD buat deposit, sisanya harga kartunya). Jadi nanti kartu bisa ditukar sama deposit kita, lumayan kan 10 SGD. Gue terus menuju  stasiun Lavender karena teman CS gue tadi katanya nginep di sekitar situ. Eh buset ternyata dari stasiun lumayan jauh jalan ada lah sekitar 1 km. Dia malam itu nginep di dorm ngunu. Terus gue ditawarin numpang mandi di kamar mandi umum di sana. Iya, kalau di dorm kamar mandinya umum. Lumayan lah buat ilang-ilang keringet kemarin sore. Syukurnya pagi itu yang tadinya hujan gelap berubah jadi cerah. Terus kita jalan ke hotel tempat gue nginep yang ternyata dekat dari situ dan dekat sama stasiun Farrer Park sama Mustafa Center itu. Tau gitu kan gue turun aja di stasiun Farrer Park tadi. Gue taruh tas besar gue alias nitip di lobby hotel karena pagi itu belum bisa check in, baru bisa jam 2 siang. Gakpapa lah lumayan dan gue percaya-percaya aja tas gue bakal aman. Jangan lupa ambil map wisata Singapura, bisa di bandara atau bisa juga di hotel tempat nginep biasanya disediain. Sangat membantu. Kita nunggu teman CS yang lain lagi. Dia ternyata dari Surabaya, Novan. Dia ini sengaja di Singapura 5 hari, dan dia beberapa kali dapat trip gratis gara-gara ikut lomba foto atau kompetisi apa gitu lupa gue (eh bener kan bro?). Thanks gue dikasih mercandhise, cek aja di IG nya @resible.
Persis Sebelah Hotel ada Warung Padangnya Mbak Syahrini
Sarapan Pertama dan Cuma Gue Makan Rotinya

Sebelah Samping Mustafa Center
Untung Pengamen Boleh Masuk MRT

Buat cerita kemana aja gue di Singapura kayaknya ga bakal begitu detil ya. Pertama kita pergi ke Mustafa Center yang emang dekat sama hotel. Lebih ke penasaran aja apa sih isinya. Ternyata kaya supermarket gitu. Harga di sana murah-murah. Gue sempet lihat kaya produk aloe vera yang lagi hits itu, cuma 4 SGD lho (gue sempat liat antrian panjang orang-orang beli ini di Kokas apa ya). Produk-produk kosmetik lain juga banyak dan ada produk elektronik juga. Besok kalau ke sini lagi gue buka jastip lah sekalian. Terus kita lanjut ke Chinatown. Lokasinya deket sama stasiun MRT. Tempatnya rapi dan harganya murah-murah. Jadi ini salah satu tempat yang cocok buat beli-beli oleh-oleh. Lanjut kita ke Merlion. Sempat nyasar stasiuns, harusnya turun di stasiun Raffles Place eh malah turun di stasiun Marina South Pier. Kalau mau ke Merlion turunnya di Raffles Place ya, terus lanjut jalan kaki. Kelar di Merlion kita lanjut makan siang di Bugis. Jadi sekitar stasiun Bugis ini ada kaya food court macam-macam lah menunya harganya juga aman dikantong. Abis dari stasiun Bugis kita balik ke hotel masing-masing buat istirahat sebentar sekalian masukin tas ke kamar. Sekitar setengah 6 sore kita keluar lagi. Masih cerah di sana. Karena gue udah beli tiket masuk ke Garden by the Bay sedangkan 2 temen yang lain belum beli, jadi gue masuk sendirian. Hahaha. Temen-temen (kayaknya) muter-muter di luar. Gue kira di dalam bakalan panas/gerah ya karena mirip-mirip rumah kaca. Eh ternyata adem, hehe. Pas mau ke bagian atas antrinya cukup panjang, ada sekitar 15 menit cuma buat naik lift ke bagian atas. Maklum waktu itu sabtu malam. Keburu langit mulai gelap juga. Jadi gue saranin kalau mau ke sini mending jam 3 jadi masih bagus buat foto-foto dilanjut sampai malam buat lihat lampu-lampunya yang emang nyala waktu malam (ya iyalah). Kelar gue muter-muter sendiri, foto-foto sendiri (ada beberapa kali sih minta tolong difotoin) kita keluar komplek Garden by the Bay dan lanjut makan di Bugis (lagi). Ga tahu dah ya, kenapa kita makan di Bugis terus? Lanjut ngeteh-ngeteh di warkop, eh. Syukur alhamdulillah walaupun pagi sempat gelap sama hujan, eh mulai siang jadi cerah sampai malam.
Chinatown - Singapore

Chinatown - Singapore
Sri Mariaman Temple - Satu Area sama Chinatown
Raffles Place (?) - Pokoknya keluar sta. RP ketemunya ini.

Emmm ini di mana ya??

Pinggiran Kali Menuju Merlion

Kurang Kaleng Kosong!

Itu kenapa dah topinya nggandul gak jelas!!!
Contoh foto minta tolong difotoin orang (blurrrr).

Garden By the Bay - 1

Garden By the Bay - 2

Garden By the Bay - 2

Pohon ada lampunya.


"No caption needed" , kata anak IG.

"No caption needed" , kata anak IG.

Mi bihun beli di area Stasiun Bugis (4 SGD??)

Area dekat Sta. Bugis, banyak kedai buat nongkrong.

Naq dusun seneng lihat yang kerlap-kerlip emang.

Di depan Sta. Farrer Park.
Hari kedua gue emang rencananya jalan santai aja. Tadinya mau langsung ke Sentosa Island yang ada Universal Studio Singapore nya, tapi gue memutuskan buat jalan lagi ke Merlion, wikwik. Keluar hotel jam 9.30 dan masih gelap sama gerimis kecil, untungnya gue bawa payung. Lengkap ya bawaan gue walaupun kaos cuma bawa 2 biji? Selain itu seperti yang gue bilang kalau gue udah dapat info dari teman CS kalau di Singapura & Malaysia hamper tiap hari hujan, jadi daripada pakai sepatu gue pakai sendal gunung aja. Gue pagi itu keluar sekalian check out hotel bawa ransel sekalian daripada bolak balik. Penampakan gue lebih cocok kaya mau naik gunung daripada mau naik pesawat atau jalan-jalan sih. Pakai sendal gunung, jaket gunung, tas karier, sama topi rimba plus tumbler minum. Masa bodoh kan ya yang penting nyaman. Gue ke Merlion lagi dan masih gerimis sambil nongkrong di Seven Eleven nya Merlion. Udah gitu aja, foto-foto lagi sambil menikmati keramaian orang berlalu lalang. Lanjut gue ke Sentosa Island. Dari stasiun Raffles Place gue menuju stasiun Bayfront, terus naik ke Vivo Mall. Ternyata kartu STP gue ga bisa buat naik LRT. Jadi setelah bertanya-tanya gue memutuskan jalan kaki dari Vivo Mall ke Sentosa Island, wikwik. Lumayan jauh juga ternyata, tapi gakpapa karena emang rencananya mau jalan santai sampai sore. Tenang, jalan dari mall ke Sentosa Island walaupun lumayan jauh, tapi ada eskalator yang datar itu lho, jadi gak begitu capek plus bisa lihat-lihat pinggir pantai (atau pelabuhan ya). Di Sentosa Island cukup foto-foto di depan bola Universal Studio (mainstream banget), terus jalan-jalan sekitar sana. Lumayan capek mampir ke McD buat ngemil terus lanjut ke Bugis, tepatnya ke Masjid Sultan. Jalan aja dari stasiun Bugis dan gak terlalu jauh. Di depan Masjid Sultan itu Kampung Glam ya, jadi yang mau cari-cari souvenir bisa di situ juga. Gue sengaja leyeh-leyeh di dalam Masjid Bugis sampai malam buat nunggu bus menuju Kuala Lumpur. Waktu di sini ada rasa gimana gitu, duduk di “masjid orang” sampai abis isya denger ada yang ngaji ada yang menurutku itu mirip “berjanjen” kalau di jawa, sholawatan bareng-bareng ngunu. Oh iya sebelum magrib gue sempet jalan keluar sebentar cari makan. Di dekat Masjid Sultan ada banyak tempat makan, tapi gue nyoba makan di Zam-zam Restaurant. Walaupun sebagian besar menu makanan India, tapi ada juga menu yang pas dilidah orang Indonesia dan muraaah.




"No caption needed" , kata anak IG.

"No caption needed" , kata anak IG.

Hemat tenaga menuju Sentosa Island
Ciyee bergaya.

-biar-afdol-walopun-gak-masuk-ke dalam-

"No caption needed", kata anak IG.

Masjid Sultan

Di pinggirannya boleh buat istirahat kok.

Nggelandang starter pack :')
Zam-zam Restaurant

Nasi goreng merah - Ayam (merah) - mi goreng - murtabak - tea ice

Nah! Gimana rasanya naik bus lintas negara?

Gue beli tiket bus Singapura – Kuala Lumpur online sekitar 5 hari sebelum berangkat. Beli online di easybook.com harganya sekitar 9.9 SGD – 35 SGD. Gue kurang tahu bedanya, mungkin ada fasilitas WiFi sama colokan buat charging kali ya. Oh tentu gue beli yang 9.9 SGD dan itu pakai armada bus Billion Star. Dari masjid ke agen busnya cukup jalan kaki aja, lokasinya di Golden Mile Tower. Pas sampai sana baru sekitar jam 9.30 malam dan belum bisa cetak tiket. Gue dapat bus untuk jadwal jam 11 malam dan baru bisa cetak tiket jam 10.30. Di sana gue ketemu empat cewek ternyata dari Indonesia dan mau ke KL juga. Untunglah ada yang bisa buat nanya-nanya, karena salah satu dari mereka pernah naik bus Singapura-KL. Cerita dari mereka mereka dapat harga sekitar 20an SGD. Gue baru tahu katanya gue dapat tiket promo makanya cuma 9.9 SGD. Jadi yang mau naik bus coba pesan agak jauh-jauh hari aja. Bus akhirnya datang agak telat (5 menitan haha) dan di luar ekspektasi gue. Busnya seat 3-1 dan ternyata bisa cukup longgar buat kaki selonjoran dan joknya bisa diatur miringnya. Nyaman dan rekomen lah buat bus seharga 9.9 SGD.

Walaupun gue udah ngantuk banget tapi tetap gue tahan-tahan karena nanti bakal 2x turun bus. Pertama buat mampir di imigrasi Singapura. Di sini kita gak perlu bawa barang bawaan kita, cukup dokumen paspor aja. Kedua mampir di imigrasi Malaysia. Kalau di sini perlu bawa barang bawaan karena di scan lagi. Udah ternyata gitu doang naik bus antar negara. Bahkan di imigrasi Singapura paspor kita ga dicap, cuma discan aja. Huh, kan mau ngebak-ngebaki stempel di paspor. Perjalanan Singapura-KL pakai bus sekitar 5-6 jam. Gue sampai di Terminal Bersepadu Selatan masih jam 5 kurang kalau gak salah dan itu turun di pinggir jalan dalam keadaan gerimis. Pas gue ambil tas dari bagasi bus ternyata tas bagian bawah klebes, mungkin pas di perjalanan hujan dan airnya masuk. Untung tasnya 2 lapis. Lapis bawah yang basah isinya cuma payung sama alat mandi. Besok-besok mending tas taruh di kabin dalam bus aja. Eh ini kok turun di pinggir jalan??? Nah, di mana terminalnya???

Comments

  1. Liat dokumentasi fotonya keinget joshua oh joshua 😂😂😂

    ReplyDelete

Post a Comment