Backpacker-an (Hemat) Singapore - Malaysia

Modal Tas Ransel Pinjem sama Pakai Sendal



“It’s rainy here, almost every day”

 Oh iya!!! Ini kan bulan-bulan musim hujan. Waduh gimana nih!

Yeps. Itulah info yang gue dapat sekitar satu minggu sebelum gue berangkat ke Singapura dan Malaysia. Gue dapat info itu dari temen gue di aplikasi Couchsurfing. Ngomong-ngomong Couchsurfing (CS), gue pertama kali tahu komunitas itu dari temen gue Bang Ajul (cek IG nya gih, dia suka galau di @beau_gosse25). Gue diajak ikut main pas dia mau ada ngumpul-ngumpul temen CS nya. Waktu itu ada surfer dari Malaysia & Singapura, tapi gue masih random itu komunitas apaan jadi gue cuma diem aja pas mereka ngobrol casciscus berbahasa inggris. Maklumin Bahasa Inggris gue kan dewa, tingkatnya bukan ngomong sama manusia biasa, tapi sama kucing.


Oke balik ke laptop. Berawal dari iklan-iklan tiket di medsos eh kok gue kepingin jalan-jalan yak. Tapi masa sendiri? Ngajakin temen pasti susah. Baiklah mumpung paspor abis diperpanjang kemarin buat keperluan business trip (elaaah gaya lu), buat nambah-nambah cap di paspor jadi gue berbulat badan buat pesen tiket dah. Terpesanlah tiket JKT-SGP-MAS buat rencana tanggal 16-20 November 2018.

Percaya gak?

Gak.

Oke fine.

Percaya gak gue cuma keluar uang Rp 161.700?

tapi karena ada masalah pas pesen tiket jadi nambah biaya servis sekitar Rp 247.700, total tiket pesawat sekitar 400 ribuan.

Kok bisa?

Rahasia. Hahahaa

Tiket pesawat udah aman. Jadwal terbang masih empat bulanan lagi. Jadi ya gue biarin aja itu tiket tanpa kelanjutan sampai tibalah H-sebulanan.

Jadi berangkat gak nih?

Duh, kok sendirian ya?

Duh, gimana ini gue ntar gimana?

Eh gimana ini beneran?

Beneran gue cukup bingung. Gimana nih naik pesawat ke luar negeri? Duh, ntar di imigrasi gue ditangkep ga ya? Walaupun ya jam terbang gue cukup tinggi, tetep aja kalau ke luar senegeri sendiri takut ilang, hahaha. Serius. Gue iseng-iseng nih ngitung kalau 1,5 tahun terakhir gue udah naik pesawat minimal 180 kali ada. 
Serius brooo. 
Gak percaya amat. 
Jadi, kalau gue lagi suntuk di bumi, gue langsung ke bandara buat naik pesawat. Tetep aja, ke luar negeri tetep jadi pikiran.


Waktu itu gue udah instal aplikasi Couchsurfing, sampai sempat diuninstal. Barulah dibuka lagi buat cari tahu apaan isinya. Buat yang kepingin tahu lebih lanjut tentang aplikasi ini baut apaan, buka aja webnya atau instal aplikasinya. Intinya, di sana lu bisa ketemu orang-orang yang suka traveling, hosting-hosted, trip sharing, dsb. Ternyata susah juga dapet host. Mungkin karena di profil gue masih baru dan belum ada referensi. Semacam lu freshgraduate, tapi pas ngelamar kerja disuruh punya pengalaman minimal 2 tahun. Jadilah gue pesen hotel aja. Terus dari Singapura-Malaysia gimana? Kan cuma beli tiket pesawat Jakarta-Singapura sama KL-Jakarta. Sempet mau pakai kereta, eh ternyata cukup ribet juga kalau baca-baca cerita di blog orang. Sempet juga lihat-lihat tiket pesawat Singapura-KL, tapi karena lihatnya pas udah mepet jadinya lumayan mahal. Jadilah pesen tiket bus aja. Syukur walhamdulillah dapat tiket bus murah cuma sekitar 9 SGD (100 ribuan). Terus seminggu sebelum berangkat mulailah nyicil nge-list tempat-tempat yang bakal dikunjungi sama apa-apa lagi yang perlu disiapin. Ternyata gue lupa belum bilang mau cuti, untung atasan-atasan gue ini baik-baik ya. Jadi gue lempar semua kerjaan ke temen gue huehehe.

Tiket pesawat & bus siap, tempat nginep siap, daftar yang mau dikunjungi di sana siap. Lupa belum tukar uang. H-2 baru gue putuskan buat langsung tukar rupiah ke SGD & RM langsung di money changer deket Jl. Gunung Sahari yang rate nya cukup bagus dan dekat tempat kerja. Gue cuma nuker dikit lho, dan itupun masih sisa.

Gimana cerita lengkapnya di Singapura & Malaysia? Naik bus lintas negara? Ndleser di Changi Airport gara-gara kesalahan gue sendiri? Ditegur sama petugas masjid di Malaysia? Gue tulis di cerita selanjutnya ya, gue moody emang kalau tulis menulis. Cerita pas di India aja udah ke-draft sampai bersarang laba-laba.

Comments