PENGALAMAN KERJA - SEASON II Episode 1




Hai gaess!

Kali ini gue mau nulis lagi pengalaman gue pontang-panting nyari kerjaan. Season II karena sebelumnya gue pernah nulis dan gue anggap Season I. Sebenernya udah skip lama banget cerita yang mau gue tulis. Secara gue terakhir nulis kalau gue resign dari perusahaan sebelumnya (PT Motasa Indonesia a.k.a Ladaku) April 2016.

Singkat cerita, gue resign sebelum lebara, jadi gue emang pengen ramadhan 2016 itu di rumah aja. Gak apply kerjaan, karena kalau gue apply terus dapet panggilan pas puasa rasanya males kemana-mana. Jadi abis lebaran 2016 barulah gue mulai terjun lagi ke “medan perang”.
Alasan gue resign dari kerjaan sebelumnya adalah soal passion. Jadi setelah lebaran itu gue coba apply pekerjaan yang gue pengen banget, yaitu jadi R&D atau QC di industri pangan. Setelah klik-klik lowongan kerja, salah satunya dari webnya jobstreet. Mulailah gue dapet panggilan kerja. Jadi berikut ini beberapa panggilan kerja yang gue terima. Sayangnya gue udah agak lupa kaya apa tesnya, cuma inget tahapannya aja.

1.       PT Gandum Mas Kencana (Tangerang), posisi R&D.
Gue sempat bingung karena gak ada sodara yang tinggal di Tangerang. Eh, inget lah kalau punya temen kuliah yang di sana, gue coba hubungin, Ratri sama Anjar (makasih ya buat kalian), dan akhirnya gue minta tolongbuat numpang di rumah Anjar. Sampai Tangerang pagi-pagi, jam 3 banget, padahal gue udah terlanjut bilang ke Anjar kalau nyampenya paling pagi jam 5.30 an. Karena berpikir bakal ganggu orang tidur, jadi gue milih tidur aja dulu di mushola pom bensin dekat dari lokasi gue turun bis. Barulah agak pagian gue naik ojek online aja ke rumah Anjar. Siangnya, jam 13.00 kalau ga salah, baru gue berangkat tes. Kok sendirian ya? 10 menit berlalu masih sendirian. Masa iya cuma gue yang dipanggil? Eh datanglah seseorang yang gak asing, dia kakak tingkat gue, Mas Baskara. Laah? Jadi gue bersaing sama dia? Pasrah aja lah, dia lebih berpengalaman soalnya, hahaaa.
Rangkaian tesnya itu ada psikotes, interview HRD, interview User. Nah, yang lucu lagi, ternyata usernya adalah very best friendnya dosen gue di kampus, katanya gitu. Semacam temen se-geng ngono. Materi tesnya ya standar lah, nanya-nanya CV terutama kenapa resign dari kerjaan sebelumnya. Sekian lama berlalu, takada kabar lagi. Ternyata yang ketrima kakak tingkat gue, tapi malah gak dia ambil. Kadang mikir “yah kok gak diambil, mending gue aja yang dapet”. Tapi gue juga sempet beberapa kali nolak gitu. Mungkin karena tawaran kurang menarik atau udah diterma ditempat lain. Ya itu pilihan masing-masing, anggap saja belum rejeki.



2.       PT Nestle-Indofood Citarasa Indonesia (Karawang), posisi Hygiene Staff.
Panjang amat ya namanya. Tempatnya di Karawang dan lagi-lagi gue bingung karena gak ada sodara di sana. *Jangan-jangan emang gue gak punya sodara dimana-mana ya*. Tapi akhirnya gue tetep berangkat dan berencana sampai sana pagi langsung tes terus sorenya langsung balik Wonosobo. Lumayan gila, tapi demi nyari kerjaan kan ya?. Eh alhamdulillah jam 9 malem pas lagi di jalan, dikabarin orang rumah, kalau ada sodara di Karawang (sodara jauuuuh banget ternyata) dan gue di kasih nomor teleponnya biar ntar bisa jemput gue. Eh lagi, sampai Karawang ternyata pagi buta juga, mana sepi, kok untung “dapat sodara” jadi minta tolong dijemput. Di jalan kekosnya dia, dia sempet cerita kalau di Karawang itu lumayan rawan, malah orang depan kosnya ditembak sama begal di depan kos terus motornya dibawa. Ya Allah, untung gue gak jadi mbolang. Kesan pertama sampai Karawang, panasnyaaaaa masyaallah. Karena semalem kurang tidur di bis, dan gak bisa tidur di kos sodara gara-gara cuaca yang panas akhirnya kepala gue pusing. Bodohnya gue udah gak niat lagi mau kerja di Karawang. Beneran, pas paginya mulai tes di sana antara niat dan gak niat. Tahapan yang gue ikuti yaitu psikotes, interview HRD & user. Pas jawab interview juga gue udah nunjukkin agak gak niat lagi. Akhirnya pun, gue gak diterima, dan temen yang bareng gue juga gak diterima.

3.       PT Suri Tani Pemuka – Japfa Group, Management Trainee.
Ceritanya dapat info dari temen, jadi jalur melamarnya lewat temen yang udah kerja di sana, namanya Monica cici dari Solo yang cantik dan baik. Sebenernya gue pengen jadi R&D nya, tapi berhubung lowongannya MT, ya apa boleh buat. Pas tes ini kalau gak salah gue udah di rumah sodara, di bekasi (akhirnya ada juga sodara ya). Tes nya gak di gedung-gedung perkantoran, tapi kayak di perumahan sekitar meruya. Jadi gue ke sana naik gojek. Entah kenapa setiap tes kok ya ada aja kejadian yang bikin membekas di hati, eaa. Berhubung sepatu semiformal gue lagi kotor, jadi gue ke sana pake sepatu pantofel. Nah, abis turun dari gojek, gue coba permisi-permisi di depan rumahnya (rumahnya gedhe sih), tapi gojeknya masih nungguin takut salah rumah. Barulah ada mbak-mbak (kayanya macem pembantu rumah tangga) nongol dan bener ini tempatnya. Pas gue balik mau ngasih ongkos ke drivernya tiba-tiba gue kepleset. Batu-batu depan gerbangnya licin banget gara-gara gue pake pantofel. Ya Allah, nasib banget mana dilihatin sama mbaknya. Skip skip skip (malu). Gue masuk ke rumah, dan tes pertama langsung uji sensori. Ada banyak bahan yang gue harus tebak itu bahan apa aja. What??? Dari sekian banyak bahan yang gue paling yakin adalah bubuk merica, secara sebelumnya gue kerja di pabrik merica bubuk, hehe. Abis itu terus interview sama HRD nya, baik banget sih ibunya. Kelar itu harus nunggu, beberapa lama seminggu  berlalu kayaknya dan pasrah aja lah. Eh ntah hari keberapa, gue dapet panggilan lagi buat psikotes di salah satu lembaga psikologi di Jakarta. Banyak banget yang dikerjain, sampai ada interview psikolog juga, dan dia tahu gue bohong apa gak (untung gue jujur), kalau ada yang ganjil dikejar terus pertanyaannya. Berasa lagi diinterogasi. Bahkan sampai ke kehidupan pribadi dan temen-temen gue. (Ini psikolog apa cenayang ya kok tahu). Daaan alhamdulillah beberapa hari kemudian gue dikabari gue lolos dan tinggal menuju ke Medcheck aja, sebelumnya juga dikasih tau soal gaji, penempatan (karena MT jadi siap dimana aja), dan sebagainya. Pas ditelepon sih gue bilang kalau gue setuju. Tapi karena suatu hal dan gue lagi proses di tempat lain juga, sehari berikutnya gue ngabarin kalau gue gak bisa ambil kerjaan itu. Rasanya antara gak enak dan gimana gitu, tapi hati saat itu berkata lain, eaa. Ya udah, dan akhir-akhir ini (2016 akhir), gue nyesel kenapa gak gue ambil aja. Namanya penyesalan ya, pasti diakhir. Maaf ya Bu, bukan bermaksud bagaimana-bagaimana.

4.       PT S&D (Jakarta Utara), QC Produksi Leader
Singkatnya gue tes psikotes langsung ke user, jadi kalau user OK di HRD cuma final (offering dsb). Pas di user gue sih yakin banget diterima, soalnya mereka butuh cepat, dan dari obrolan pas interview juga Bapak usernya welcome ngono. Tapi gara-gara pas gue sampai sana, pabriknya, kok ada yang kurang sreg sama gue. Dengan menimbang berbagai hal, pas ditanya gaji gue bilang aja nominal yang diatas standar biasanya. Ini jangan ditiru ya kalau kalian lagi bener-bener butuh kerjaan. Gue mikir aja waktu itu, pokoknya di tempat ini gue maunya gaji segitu biar sepadan sama  yang gue dapet. Pokoknya jangan ditiru ya. Akhirnya pun gak dikabari lagi, hehe. Gakpapa, karena dari awal sudah songong guenya.

5.       PT Sanghiang Perkasa/ Kalbe Nutritionals (Jakarta Timur), Product Devp-Packaging
Panggilan ini aneh aja sih, soalnya gue apply posisi supervisor (songong), tapi mungkin dikasih kesempatan buat staff prod devp aja ya. Pas ditelepon disuruh ngisi form terus dikirim balik, abis itu dikabari lagi buat interview HRD di Kalbis Institute. Kesan pertama di tempat tesnya itu asik banget tempatnya. Sempet mikir kalau kerja di sini pasti asik nih, enjoy, atau betah lah. Dan harapan itu pupus setelah kenalan sama kandidat lain dari UI anak Kimia. Ya Allah, sebenernya gue gak yakin sih di posisi packaging soalnya ilmu yang gue dapet Cuma keraknya doang, sedangkan anak kimia mesti lebih dalem ya ilmunya. Dan bener juga, gue gak lolos HAHAHHA.

Bersambung DI SINI YAAA

(((UPDATE : Buat yang ingin tanya-tanya bisa ke IG aja biar lebih flexi di @baragaskar)))

Comments

  1. Mas blh minta email atau CP? Mau tanya

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum kak, perkenalkan saya Habibah dari solo. Mau nanya kak, dulu waktu kakak ngelamar kerja di nestle apa ada syarat minimal nilai toefl nya ? Terima kasih untuk balasannya

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum kak, saya mau tanya waktu MT di PT Suri Tani Pemuka itu penempatannya dimana ya dan informasi untuk gaji MT disana berapa ya kak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykmsalam. MT Penempatan di mana saja yang ada cabangnya. Untuk gaji bisa ngintip di situs-situs loker kayak jobstreet/jobsid ya. Buat yang lain juga, di sini saya gak akan pernah memberi tahu berapa besaran gaji yang pernah ditawarkan. Menurut saya itu kurang etis hehe, bahkan keluarga saya saja tidak menanyakan kepada saya. Mohon maaf tidak bisa memberikan info terkait besaran gaji.

      Delete
  4. Kak, klo untuk MT di suri tani pemuka, kakak dikasih tahu gajinya perbulan berapa ya kak?

    ReplyDelete

Post a Comment