Antah Berantah, We Got Lost!!!!

(Gn. Lanang 1205 mdpl)


Mumpung tiba-tiba ada inspirasi buat nulis dan lagi suwung. Gue bakal cerita perjalanan gue sampai ke tempat antah berantah ini.

Berawal dari kesuwungan karena libur imlek gue inget kalau pernah liat postingan di salah satu akun IG. Akun tersebut memposting gambar soto yang disajikan di mangkok bathok (atau tempurung kelapa). Gambarnya enak banget!Terus gue kepoin ulang tuh postingan. Ternayata lokasi soto itu dijual ada di Gn. Lanang, Mergolangu, Kota Wonosobo, yang selanjutnya gue sebut antah berantah hahaha. Ngomong-ngomong kenapa disebut Gn Lanang ya? Gue gak tau, mungkin karena di situ banyak wong lanang (lanang artinya laki-laki), atau karena gunungnya bentuk wong lanang, eh maksute piye?hahaha. Ah mbuh lah, pokoke lanang!!

Ini nih penampakan soto yang diposting oleh akun @gununglanangwonosobo

Keesokan harinya gue whatsapp temen gue yang kebetulan sepertinya juga lagi suwung buat pergi ke tempat ini. Kita berangkat dari rumah sekitar pukul 11an siang dari Klampok, Banjarnegara. Ya karena emang niatnya main-main jadi kita naik motornya santai-santai gitu. By the way, motor temen gue baru lho, platnya aja masih plat putih, oke ini gak penting. Bermodal rute yang dikasih dari akun IG tersebut kita ngikutin aja GPS (yang ternyata sesat sesesat-sesatnya). Tempat ini terletak di Wonosobo, dan walaupun gue putra daerah kebanggaan kota ini, gue gak tahu tuh tempat pastinya dimana, bahkan baru denger namanya. Nah gara-gara GPS sesat ini kita nyasar sampai ke daerah namanya Gumelar, Wadaslintang. Jauuuuuuh banget dari tujuan kita karena ternyata rute di GPS nya emang ke tempat antah berantah ini tapi muter nyari rute yang jauh dengan seenaknya. Akhirnya kita firasat ini salah jalan karena gak melewati tempat-tempat yang disebutkan oleh akun IG tersebut. Lumayan jauh lah pokoknya. Pelajaran pertama, kalau mau pergi ke tempat baru jangan percaya penuh sama GPS, karena informasi warga setempat banyak lebih akuratnya. Setelah kita putar balik akhirnya kita lebih memilih bertanya ke orang di jalan. "Nuwun sewu Mas, Gn Lanang jalannya ke arah mana ya". "Ke sana Mas, belok kiri, belok kanan, pokoknya masih jauh banget, jalannya ewed". Dan maksud dari jalan ewed menurut kamus gue artinya jalannya jelek, parah, hancur, gak bisa dilewati, harus terbang pakai naga kalau ke sana.Ini beneran. Jalannya kebanyakan menanjak, kanan kiri hutan pinus, jalannya bebatuan, ada yang masih tanah, ada yang berair harus nyebrang pake kapal feri (becek abis hujan maksudnya), licin karena kondisi saat itu sedang gerimis juga. Pelajaran kedua, jangan kesana naik motor baru, kasian motornya, dan jangan lupa bawa mantel sendiri-sendiri jangan satu dipake berdua.


Ternyata sudah jam 15.00 dan kita masih 4 km lagi menuju tempat tersebut. Saat itu kabut udah mulai turun, maklum ini masuk daerah tinggi, ditambah hujan dan angin. Kita mampir dulu di warung kecil. Eh mbaknya manis pisan euy. Emang ya gadis desa itu masih polos, coba di poles dikit, uuuuh udah jadi artis. Di warung ini gue sempet hampir menyerah buat melanjutkan perjalanan. Selain karena hujan dan kabut gue jadi mikir lha ini nanti di atas mau ngapain????? foto-foto?? secara kabut udah tebal dan gak mungkin keliatan apa-apa. Tapi temen gue bilang udah nanggung sampai sana (dia gak mikir padahal udah gelap juga -,-). Tapi mau balik juga gak mungkin kayaknya, penjual bakso motoris (penjual bakso yang jualannya pake motor, jadi yang beli makan bakso sambil dibonceng) depan warung nyletuk kalau dia aja gak berani lewat jalan hutan-hutan itu karena hujan dan angin takut ada pohon tumbang. Yaudah lah kita lanjut jalan. Baru beberapa meter gue bilang, ini gak mungkin lanjut mending nyari tempat semacam homestay, atau hotel (yang ini gak mungkin ada). Pelajaran ketiga, jangan nyari hotel di sini, mending makan bakso kalau hujan-hujan, dan minta lah nomor hp mbak-mbak tadi.


Akhirnya kita liat papan bertuliskan basecamp di sini. Setelah kita turun dari motor dengan kondisi basah kuyup karena berbagi mantel, tapi kok tapi gak ada orang keluar rumah atau lewat ya :'). Padahal kita udah nunggu sekitar 40 menit. Sepertinya warga sini emang lebih suka berdiam di dalam rumah saat hujan gini (yaiyalaah ngapain kelayapan di luar rumah). Tapi untungnya ada mas-mas yang kebetulan muncul, kita pun nanya soal penginapan di sini. Mas nya bilang penginepan sih gak ada, tapi biasanya kalau ada yang numpang nginep bisa di rumah Pak Kahono, yang kemudian besoknya jadi tour guide kita. Yaudah kita mah gakpapa dimana aja, seenggaknya bisa ngeringin ini baju yang basah dan gak kedinginan di luar rumah karena kita sudah sampai menggigil lhooo. Eh ternyata itu pun kita nunggu dulu karena bapaknya masih jualan di atas (di Gn Lanang maksudnya). Sempet mikir, cuaca kaya gini emang masih ada yang main di atas ya, ngapain???? Eh ternyata emang bener masih ada soalnya kita lihat beberapa dari mereka pulang lewat depan rumah. Ya Allah, hampir sejam kita nungguin bapaknya. Padahal baju udah jadi risih gara-gara basah. Akhirnya, bapak pulang dan kita langsung berlarian memeluk bapak. Eh tapi ya, udah ketemu bapaknya pun, ternyata si bapak gak peka kalau kita kedinginan. Sampai akhirnya kita ngode bapaknya kalau kita pengen bersih-bersih badan (ah si bapak gak peka, mungkin karena bapaknya cowok kali ya), dan di kasihlah seperangkat handuk. Pelajaran keempat, kalau main ke sini sebaiknya siang sudah sampai, jadi berangkatnya pagi-pagi, atau bawalah persiapan nginep takut-takut kesorean. Nah setelah bersih-bersih sekitar abis isya sebenernya kita kelaperan dan berniat mau keluar rumah buat nyari warung makan (tapi sepertinya gak ada warung buka). Alhamdulillah, kali ini bapaknya peka. Tiba-tiba kita di ajak makan dan menunya adalah soto bathok yang gue idam-idamkan dan tujuan utama ke sini. Sedikit review soal soto bathok ini, rasanya mirip soto sokaraja, jadi kuahnya kental, tapi lebih enak apalagi lagi kelaparan dan kedinginan kaya gue. Ditambah lagi sama tempe kemul, hmmmm. Sedaap! (ternyata yang jual soto bathok yang ada di akun IG tadi adalah Pak Kahono ini,wah kehormatan buat kita). Pelajaran kelima, setelah kesusahan pasti ada kemudahan. Gue yang udah gak kuat langsung tepar aja sampai pagi. Pekoknya temen gue masih sempet nonton anime satu season. Pelajaran kelima poin a, bawa laptop ke sini sebenernya gak berguna banget, gue aja bawa laptop karena sebelumnya emang abis nyetok tontonan di rumah temen gue itu, tapi kok mayan juga buat hiburan.

 (Menu sarapan ala homestay di sini)

Pagi-pagi dingin bangeeets.  Dinginss dan tidur lagi abis subuh. Bangun lagi jam 8.30 dan cuaca udah cerah, tapi masih dinginsss. Tidur lagi, 5 menit. Bangung dan gue langsung mandi pakai air yang seperti air kulkas. Tapi setelah itu gue jadi gak dingin lagi!! Segerrrrr!!! Cobain deh! Serius. Eh ternyata bu Kahono, istrinya pak Kahono, bukan ibu gue, udah bikinin nasi goreng, teh anget, snack, sama gorengan buat kita. Makasih bu Kahono, kau malaikat yang dikirim Tuhan buat kita *memeluk bu Kahono, tapi dipisah oleh Pak Kahono*. Ya walaupun gue jarang sarapan sepagi itu,tapi lumayan lah servisnya. Ternyata makan malam dan sarapan udah masuk tarif nginepnya. Alhamdulillah. Sekitar jam 10 kita berangkat ke Gn Lanang ini. Tiket masuk juga udah masuk di tarif penginapan, kata bapaknya karena kita bayarnya kebanyakan, duh bapak baik banget.

Nah, berikut adalah dokumentasi kita waktu lagi ke lokasi Gn Lanang

 (Jalan setelah gapura pintu masuk)

 (Beberapa warung di Gn Lanang)

















Infonya Gunung Lanang ini merupakan tempat wisata baru di Wonosobo, baru sekitar 7 bulan ini mulai ramai. Bagusnya, pemerintah sudah merespon dan beberapa CSR perusahaan seperti Danone juga mulai menggarap tempat wisata ini. Cerita dari Pak Kahono, turis mancanegara juga sudah mulai berdatanga. Bahkan ada beberapa yang memperlama nginep di rumah Pak Kahono karena katanya belum puas berada di sini. Selain ada Gn Lanang ada juga gunung-gunung lain yang berdekatan (maafin saya lupa nama-namanya) dan gak perlu waktu lama buat ke gunung-gunung lain tersebut, ada juga air terjun (lagi-lagi lupa namanya, kok gak informatif banget ya ini tulisan) tapi kita gak ke sana karena kita keburu mau balik. Bagusnya lagi, Pak Kahono mengajarkan pedagang-pedagang di sini untuk tetap memberikan uang kembalian kepada pengunjung (terutama dari turis asing yang kalau harga makanan 10.000 bayarnya 50.000 dan gak mau kembalian, hehe). Selain itu, harga makanan di sini juga gak bakal diketok! jadi jangan kwatir karena harga air mineral Aq*a aja masih 3.000, lebih murah daripada beli di Sevel Stasiun Gambir, HAHA.

Kenapa di foto-foto gue tempatnya sepi? karena itu hari Senin, jadi kalau menikmati tempat ini dengan puas datanglah di hari kerja. Nah, kalian yang pengen ke sini bisa minta dijemput oleh Pak Kahono dan Tim di desa Depok (desa bawah, karena jalan menuju Mergolangu ini cukup sulit, lebih enak kalau minta dijemput aja). Soal rute dari Wonosobo ke tempat ini kepoin aja IG  @gununglanangwonosobo karena gue gak paham-paham banget. (Pak Kahono 0878-3431-4468)

Comments