Secuil Cerita Mencari Sesuap Nasi (Part II)



harus menjawabnya in english. Gue udah yakin banget gue keterima. Pokoknya, intinya Ibu nya keliatan tertarik sama gue dan nyuruh gue jangan balik dulu soalnya hari Senin nanti bisa dijadwalkan ketemu sama direkturnya (gue terlalu pede banget). Tapi, akhirnya pas gue telepon Jumat sore, ibunya bilang belum bisa kasih keputusan, dan nyuruh gue telpon hari Senin. Gue tunggu sampai Senin, dan akhirnya emang gue yang terlalu pede. Ibunya bilang  intinya begini “Maaf mas, anda terlalu baik buat kami, jadi kita temenan aja ya”. Yaudah gitu. Seketika gue telpon agen bus Jakarta-Solo dan langsung balik sore harinya. Sedih ya? Gak enaknya digantungin dan akhirnya diputus?. Cuma ibunya bilang “bentar lagi kita ada proyek, nanti kita hubungin masnya lagi”. Yah, gue pikir paling itu Cuma biar gue gak loncat dari atap bus.
6.   PT Pura Group, Kudus
Gue dapat panggilan ini dari jobfair di Salatiga kayaknya. Gue kebetulan lagi gak ada keperluan lain dan bisa datang buat seleksi. Sebenernya gue gak tau ini perusahaan apa, makanya pas job fair gue langsung tanya ke mbaknya.” Mbak, masih jomblo ya?” langsung CV gue dibakar. Mbaknya bilang gini “Iya, ini emang bukan perusahaan makanan/minuman, kita perusahaan percetakan, jasa kertasnya tapi yang order negara asing (gue lupa mana aja), tapi kita lagi mau bikin proyek baru yaitu kemasan aktif, MAP (modified atmosphere pacakaging) gitu mas, mas nya pasti paham kan?”. “Oh iya mba, saya inget itu dulu dosen saya jelasin itu”. Karena gak ada saudara di sana akhirnya gue datang sehari sebelumnya dan nyari motep-motel murah deket perusahaan itu. Gue datang jam 8 pagi. Tes pertama ya tes itung-itungan sama psikotes biasa. Terus semuanya di suruh antri dipanggil satu persatu. Gue nunggu dipanggil dari jam 9 sampai jam 1 siang buat interview HRD. Bayangkan perjuangkan abang buat adek, luar biasa kan?.  Itu pun gue dipanggil terakhir. Kayaknya ada beberapa orang yang daftar buat posisi R & D, tapi yang lolos ke babak selanjutnya ada 4 orang, termasuk gue. Dan itu gue nunggu paling akhir lagi buat interview user. Dari 4 orang, 2 orang dari sekolah kesehatan dan pangan (CMIIW), satu orang TPHP UGM, satunya gue. Pada akhirnya gak ada yang dipanggil lagi setelah itu.  
7.   PT Logan Food, Karanganyar
Perusahaan saus di Karanganyar. Sebenernya gue dua kali dipanggil, cuma kebetulan pas panggilan pertama gue lagi di Jakarta. Panggilan kedua gue pura-pura lagi di tempat lain, soalnya denger-denger dari temen gue, sebut saja Indah, yang udah ketrima di sana gajinya kurang menarik buat lulusan S1. Dia aja gak jadi nerima tawaran itu. Maaf ya Logan, bukannya gimana, tapi gue bakal punya anak istri yang harus gue nafkahi kelak.
8.  PT Mane Indonesia
Perusahaan flavour di Cikarang-Bekasi. Gue dapat panggilan setelah apply online sama kirim berkas langsung setelah gue dapat info dari dua temen gue, sebut saja Melati sama mbak Mawar. Datanglah gue ke Cikarang lagi. Gue nginep di tempat temennya Melati kali ini, sebut saja Spiderman. Di sana gue tes psikotes sama logika matematika, tempatnya di kantin, tapi gak dikasih makan siang. Kzl. Terus langsung ke user setelah itu. Duh, usernya semacam dosen penguji ini. Detail banget tanyanya. Cuma ada satu bagian pertanyaan yang cukup menganggu beliau dan mungkin itu yang membuat gue gak lolos. 

Secuil Cerita Mencari Sesuap Nasi (Part III) 

Comments