Secuil Cerita Mencari Sesuap Nasi (Part 1)


Masih kuliah semester akhir ditanya kapan wisuda? Kapan wisuda?. Baru aja wisuda udah ditanya lagi udah nyari-nyari kerja? Apa udah kerja? Apa mau lanjut S2?. Kayaknya ini hidup – hidup gue kenapa jadi orang-orang yang ribet. Ah sudahlah.

Gue wisuda tepat 5 September kemarin, dengan lama studi ternyata 4 tahun 0 bulan. Gak nyangka sama sekali, karena nyangkanya gue bakal wisuda 3 tahun 12 bulan. Antara senang sama sedih pas mau wisuda. Seneng bakalan udah kelar kuliah terus nyari kerja enak sama jalan-jalan kaya temen-temen gue yang lain. Tapi, apa iya hidup semudah itu? Disinilah Bagas The Explorer dimulai!

Sebenernya sebelum hari wisuda pun gue udah nyicil ngelamar-ngelamar kerjaan pake modal transkrip nilai sama Surat Keterangan Jomblo dari kampus. Iseng-iseng lah gue ikut-ikut Job Fair di Jogja. Pertama ikut Job Fair gue merasa ada yang salah, iya bener. Ternyata gue bisa dibilang salah kostum. Gue dateng Cuma pakai celana jeans sama kaos polo. Yaudah gitu. Buat kalian yang mau ikut Job Fair pertama kali, gue saranin kalian pakai pakaian adat daerah masing-masing, biar ntar gampang nyari kenalan sesama daerah di sana.  Udah beberapa minggu dan gak ada panggilan. Yaudah gitu lagi.
Job fair kedua waktu itu di UGM Jogja. MasyaAllah, acaranya gedhe, perusahaan banyak, tapi yang dateng juga banyak. Ternyata banyak banget ya jobseeker di dunia ini. Tapi kali ini gue udah pakai kostum yang bener, pakai pakaian adat Solo, jadi gue disuruh berdiri di pintu masuk menyambut peserta job fair yang dateng. Haha, garing ya. Yaudah.
Alhamdulillah , dari jobfair itu gue dapat panggilan tes kerja pertama gue. Ada dua panggilan, tapi sayangnya di waktu yang sama. Jadi berikut gue sebutin panggilan tes kerja gue dari beberapa jobfair sama apply online.
1.       PT Sayap Mas Utama (Wings Food). Gue dapat panggilan buat posisis Supply Chain Management. Tahap pertama tes tertulis, psikotes juga. Lolos. Tahap keduanya adalah tahap interview HRD. Waktunya hari itu H-1 gue wisuda.  Gue dateng sama temen gue, sebut saja Bunga. Sekarang sih Bunga udah kerja di Jakarta. Balik lagi. Jadi interview HRD waktu itu berjalan cukup singkat, apa karena gue kurang menarik atau emang mbak HRD nya lagi buru-buru. Ternyata dari beberapa orang yang di-interview sama mbaknya ya emang sesingkat itu, mungkin bener mbaknya lagi buru-buru, atau emang kita yang kurang menarik. Hiks. Jadilah gue balik ke solo sampai malem-malem, padahal besok wisuda. Akhirnya setelah nunggu 2 minggu lamanya, gak ada panggilan lagi. Kita putus.
2.       Superindo. Ini panggilan dapat dari Job fair UGM juga, dan kebetulan waktunya di hari yang sama barengan panggilan dari Wings Food. Sayangnya walaupun di email tertulis bisa recshedule, tapi pas minta jadwal ulang malah di kasih kupon diskon Superindo. Haha, ngarep.

Itulah panggilan tes kerja gue sebelum wisuda. Ya seenggaknya bisa buat ngisi waktu luang sambil nungguin waktu wisuda. Jadi buat kalian yang udah yudisium, tapi waktu wisuda masih lama, bisa itu surat keterangannya dipakai daftar-daftar kerja.

Wisuda berlalu, dan mulai bingung ketika dihadapkan pilihan antara gue harus bersembunyi di mana biar gak ditanyain orang-orang. Kos gue pun udah kelar masa berlakunya. Alhasil gue nyari kos bulanan dan pindah kesana. Ya alhamdulillah masih ada duit simpanan dari proyek-proyek jaman kuliah. Saran buat kalian, cobalah simpen tuh kelebihan duit kalian, siapa tahu akan berguna disaat-saat kalian sudah gak layak minta uang ke orang tua.



Gue mulai bikin akun-akun buat ngelamar kerja. Gak Cuma satu website, tapi hampir semua website buat melamar kerja online gue bikinin akun. Tapi tetep gue ikut berbagai jobfair, mulai dari jobfair kampus sendiri di UNS, kampus di Jogja, Salatiga, dan Semarang. Pokoknya nguras duit banget lah, sedih gue. Di saat gue berangan-angan abis wisuda mau jalan-jalan dulu kaya orang lain, eh gue harus hambur-hamburkan tuh duit kesana kemari mencari kerjaan. (back-song, Alamat Palsu-Ayu Ting Ting)

Akhirnya gue dipanggil lagi beberapa perusahaan dari jobfair & apply lamaran online.

3.       PT Nusantara Sakti
Singkat cerita gue lagi di job fair Semarang, eh kok CV masih sisa dan perusahaan ini buka lowongan MT (Management Trainee) buat semua jurusan. Ya gue masukin aja CV gue. Eh kata penjaga stand job fairnya, hari itu juga langsung tes psikotes. Dan gue lolos, dan mbaknya bilang “besok langsung interview final ya mas di kantor pusat kami di Semarang Jl...” Dalam hati gue bertanya-tanya “inikah namanya cinta, pandangan pertama?” eh bukan itu maksudnya, wah ada ya proses seleksi secepat ini? Akhirnya setelah gue pikir-pikir, gue jadi dateng besok harinya ke Semarang lagi. Dan benar, ada lumayan banyak kandidat di sana dan gue dipanggil urutan ke tiga karena gue lumayan awal datangnya. Mbaknya, beda mbak dari sebelumnya, langsung menjelaskan kalau gue lolos jadi kaya semacam SSDP alias Senior Supervisor Development Program (kalau gak salah), itu di bawahnya MT dan di atasnya SDP dengan gaji ya di bawah MT tentunya. Programnya sebulan training di Jakarta, terus bulan berikutnya OJT di tempatkan oleh pihak perusahaan. Dan yang membuat gue pikir-pikir adalah apa iya gue mau kerja di bidang yang beda sama jurusan gue? Kedua, dengan syarat ijazah di tahan 2 tahun dan kalau keluar kena penalty sekian juta. Akhirnya, gue gak bisa menjanjikan ke mbaknya. Gue bilang aja, kalau oke nanti gue datang buat pemberkasan.
4.       PT Haldin Pacific, Cibitung-Bekasi
Salah satu perusahaan ingredients asing di Indonesia. Gue ngelamar buat posisi Process Improvment Specialist secara online. Eh di panggil juga akhirnya. Proses seleksi waktu itu ada psikotes & logika matematika, interview HRD, interview User alias manager yang bakal jadi atasan gue. Kalau lolos gue bakal lanjut ke interview sama yang lebih tinggi lagi jabatannya dan orang asing dan full english, begitu kata temen gue yang udah kerja di sana, sebut saja Gadis. Tapi sayangnya, gue gak dipanggil lagi setelah itu, padahal gue udah jauh-jauh dari Solo-Bekasi nyari tempat numpang. Kzl. Tapi gak apa-apa lah, at least gue ketemu ibu HRD yang cantik banget, Ibu Rindi. Miss you.. (alay).
5.       PT Sixmurs Perdana, Kelapa Gading-Jakarta Utara
Perusahaan jasa buat mengurus dokumen-dokumen kaya izin produk, ke BPOM, Kemenkes buat produk makanan/minuman dan farmasi (CMIIW). Intinya gue dapat panggilan itu setelah apply lewat email berdasarkan informasi temen gue yang udah kerja di sana, sebut saja Pelangi. Kebetulan gue bisa nego jadwal seleksi biar deket sama hari gue tes di Haldin tadi walaupun tempatnya ini di Jakarta Utara dan gue harus berangkat pagi buta dari Bekasi. You know Bekasi kan? Dan gue berangkat dari Bekasi pinggiran, Cikarang, tempat gue nginep di tempat saudara. Gue naik bis gaktau bis apaan, jelek banget, di oper-oper akhirnya gue turun di terminal Pulogadung, kalau gak salah, terus gue naik Grab Taxi deh. Dan sampai tempatnya, ternyata kang ojeknya gak punya duit kembalian. Dan gue bingung harus gimana, di kompleks perkantoran itu kayaknya gak ada warung kecil deh, masa iya gue pinjem duit satpam dulu. Eh beberapa saat kemudian gue liat temen kuliah gue turun dari motor diantar saudaranya, sebut saja namanya Harum. Langsung lah gue pinjem duit sama dia, kapan lagi coba bisa gue utangin? Iya kan? (Akhrinya gue balikin duitnya pakai pulsa telpon, hahaha). Ternyata dia juga mau seleksi di tempat ini juga, Cuma bedanya dia udah tahap kedua. Nah, gue udah masuk lumayan lama di tempat gue mau seleksi, eh kok gak muncul-muncul juga, mana gue di taruh di ruang ber-AC. Akhirnya setelah sekian lama, muncullah tiga orang wanita, yang satu agak tua (Ibu Titi, kalau gak salah), terus kedua ibu paruh baya (Muka ibunya ala-ala India gitu), yang ketiga mbak-mbak alumni IPB. Interview berlangsung cukup lama hampir 2 jam, mulai dari pakai bahasa sunda sampai gue dikasih kasus dan  
Secuil Cerita Mencari Sesuap Nasi (Part II)

Comments