Youth Camp : Young & Locavore

Hallo Sobat Spongebob!!!!
Lama nian daku tidak menulis nih. Maklum banyak deadline tugas. Tapi tidak usah khawatir karena admin punya pengalaman seru dari Ciburia, Puncak Bogor, Jawa Barat.
Pengalaman apa sih?

Youth Camp : Young & Locavore!
Jadi, kebetulan admin menjadi salah satu satu peserta buat ikut Youth Camp di D'Jungle, Ciburia, Bogor, Jawa Barat. Ada banyak perwakilan mulai teman-teman HFHL (Healthy Food Healthy Living) Bali sebanyak 10 orang, YAPSI (Yayasan Pangan Sehat Indonesia) sebanyak 9 orang, juga teman-teman yang lolos seleksi Essay lainnya juga dengan total peserta sekitar 45 orang. Acara sendiri diselenggarakan oleh Indonesia Berseru dan VECO Indonesia, yang sepenangkap admin mereka adalah organisasi dan komunitas yang peduli terhadap isu pangan lokal, pangan sehat, dan kampanyenya. 




Acara berlangsung dari hari Jumat-Minggu 7-9 Juni 2013. Admin bersama rombongan YAPSI Solo berangkat hari Kamis dan baru sampai hari Jumatnya, yah sekitar 20 jam sampai lokasi. Maklum, macet. Ringkasnya acara Youth Camp : Young & Locavore para peserta melakukan diskusi dengan materi yang diberikan fasilitator lalu menyampaikan pendapatnya. Tentu saja acara dibuat semenarik mungkin dengan games yang dibuat oleh trainner. Woww! Ternyata peserta lain benar-benar cerdas dan luas wawasannya mengenai isu pangan. Bikin admin jadi minder hihihi.






Selama tiga hari admin benar-benar merasa beruntung dapat mengikuti acara tersebut. Banyak pengetahuan dan wawasan mengenai pangan di Indonesia yang bisa dibilang saat ini sedang terpuruk dengan banyaknya impor bahan pangan, di sisi lain petani Indonesia sedang kesusahan.








Harapan admin setelah mengikuti  acara tersebut, admin bisa menjadi salah satu agent of change yang dapat menyuarakan pangan lokal dan pangan sehat yang berkeadilan. Semoga kampanye-kampanye yang dilakukan setelah ini dapat berkontribusi dalam mengangkat pangan Indonesia menuju Indonesia Berdaulat Pangan. Sampai jumpa Sobat Spongebob buat acara-acara berikutnya :D.
Salam Sehat! Selalu!

Comments