Sidang Perdana dan Terkahir

Hai Sobat Spongebob!!
Kalau kemarin admin habis mendaki Gunung Merbabu, sekarang admin punya pengalaman baru.
DITILANG!!!!

Sobat semua pasti bakalan gregetan kan kalau ketemu sama polisi gara-gara melanggar lalu lintas?. Bukan karena apa-apa, tapi polisi dengan postur tubuh segitu gede kadang bikin kita malas buat berurusan lama-lama dengan polisi. Maunya cepat kelar urusannya. Alhasil, kita memutuskan untuk menitipkan uang titipan sidang melalui polisi tersebut.
Beberapa watu yang lalu admin baru saja mengikuti aksi untuk acara Earth Hour di daerah Car Free Day Slamet Riyadi Solo. Setelah acara selesai, admin ambil motor di lokasi dekat Car Free Day. Nah, kebetulan teman admin memarkirkan motornya lumayan cukup jauh dari spot acara kita. Dengan niat baik, admin menawarkan bantuan buat ngeboncengin teman admin. Karena ngga pakai helm kita putuskan buat lewat jalan trotoar aja. Dan...... apesnya kita lewat pos polisi dan dihadang sama polisi.
Tau kan gimana kelanjutannya? Dengan percaya diri kita membela diri, kalau kita lewat trotoar karena ngga pake helm, dan cuma sekitar 30 meter jalannya. Yah, emang lagi apes kayaknya ya, akhirnya kita memilih buat sidang dengan alasan biar "lebih murah". Sidang dilaksanakan sekitar tiga minggu setelah kejadian dan admin harus merelakan SIM admin ditahan.
Hari H sidang. Sebelumnya, admin membayangkan kalau sidang nanti bakalan seperti kaya yang di film atau berita. Di mana terdakwa akan didudukkan di kursi terdakwa, didampingi pengacara, dan ada pembelaan yang cukup dramatis dari admin. Ah! Mengerikan!. FYI, sidang akan dilaksanakan hari Jumat pukul 09.00 sedangkan hari itu pukul 08.00 admin juga harus seleksi tes Co-As praktiku. Nah! Gimana tuh?.
Aakhirnya admin putuskan buat ikut seleksi dulu dan telat bereangkat buat sidang. Setelah selesai ujian seleksi, admin segera meluncur ke Pengadilan Negeri Kelas I Surakarta. Di jalan admin membayangkan admin harus dihukum lebih berat hanya gara-gara terlambat datang.
Tiba di pengadilan satpam pengadilan langsung menunjukkan jalan buat orang-orang yang mau sidang hari itu.
"Mas mau sidang? Lurus aja terus."
"Emang ada tampang-tampang tersangka ya kok tau mau sidang" batinku.
Masuk gedung admin cukup kaget. Ternyata ada banyak sekali orang di dalam, sekitar 100 lebih orang dan mereka juga mau sidang pelanggaran lalu lintas. Oh my!. Ternyata. Mungkin pengalaman juga buat sobat yang juga mau sidang pelanggaran nih. Pertama, kita perlu mendaftarkan dulu. Gampang, tinggal berikan saja surat pelanggaran dari polisi ke karyawan di loket. Setelah itu sobat akan dipanggil dan dibagikan lagi surat pelanggarannya beserta nomor urutan sidang. Silakan mengantri di tempat sidang dilaksanakan! Biasanya sih lamaaaaa banget! Jadi sobat bisa membawa sesuatu buat hiburan selagi menunggu giliran. Setelah itu, sobat akan dipanggil oleh hakim dan disinilah sobat harus cermat. Saat ditanyakan pelanggarannya sobat bisa membela diri sesuai dengan keadaan sebenarnya. Jangan sampai cuma nerima aja kaya admin, hehe. Misal,
*versi admin*
"Pelanggarannya ngga pakai helm?"
"Iya"
"Tiga puluh lima ribu!"
*versi teman admin*
"Pelanggarannya ngga pakai helm?"
"Bukan, yang ngga pakai helm yang mbonceng, dan itu lewatnya trotoar jalan cuma 30 meteran"
"Dua puluh lima ribu!"


Habis itu rasanya admin menyesal kalau tahu teman admin membayar labih sedikit. Tetapi ngga apa-apa lah buat pelajaran. Setelah itu sobat akan disuruh untuk mengantri lagi di loket pembayaran. Sama seperti waktu mendaftar, antrinya juga lamaaaa. Kalau dipanggil baru sobat membayar. Selesai.

Begitulah kira-kira pengalaman admin mengikuti sidang. Semoga sobat bisa mengambil pelajarannya. Jika ada waktu admin sarankan sobat buat mengikuti sidang saja, karena akan meminimalisir kesempata polisi untuk berbuat korupsi uang tilang.

Sore setelah sidang tadi ada satu kejadian yang membuat admin harus lemas tak berdaya setelahnya. Kunci motor admin hilang!!!! Karena kunci motor dan kunci bagasi berbeda, akhirnya admin harus membuat dua kunci baru dengan harga Rp. 40,000. Hari yang cukup mengesalkan bagi anak kos!

Begitulah kemalangan admin di awal bulan April ini. Semoga tidak terjadi sama sobat semua!

Comments