Destinasi Seru dan Menantang Gua Pindul

Hai Sobat Spongebob!
Ada yang suka travelling? Jalan-jalan atau main ke tempat-tempat yang seru? Nah, kemarin admin baru saja mengunjungi tempat yang di sebut Gua Pindul nih. Banyak teman-teman admin yang sudah ke sana dan berkomentar menarik tentang gua tersebut. Di mana sih lokasi Gua Pindul itu? Gua Pindul terletak di Ds. Bejiharo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kebetulan admin menuju lokasi via jalur Solo-Sukoharjo. Lebih jelasnya sobat semua bisa browsing untuk mengetahui info tentang jalur menuju Gua Pindul.



Yuk, simak keseruan admin dan teman-teman juga tips saat di Gua Pindul.
Okay! Setelah kurang lebih 2,5 jam perjalanan Solo-Bejiharjo akhirnya kita sampai di lokasi Gua Pindul. Di sini sobat akan menemui banyak penyedia jasa travelling atau antar ke Gua Pindul. Tips dari admin, jika sobat adalah pelajar atau mahasiswa coba sobat cari penyedia jasa yang memberikan diskon khusus untuk tiket adventur Gua Pindul. Kenapa? Pasti karena selisih yang diberikan juga lumayan lah buat kantong mahasiswa kaya admin. Jadi, jangan asal menerima jasa saja ya!. Ada beberapa paket perjalanan, ada  penelusuran Gua Pindul, body rafting di sungai dekat gua, atau dua-duanya.Saran admin, pilih saja paket keduanya, soalnya sayang sekali kalau sudah sampai jauh-jauh cuma menelusuri guanya saja.
Setelah menemukan penyedia jasa, sobat akan diminta untuk melakukan registrasi bersama teman-teman untuk menunggu giliran berangkat ke lokasi Gua Pindul. Sembari menunggu panggilan dari penyedia jasa, sobat bisa gunakan waktu buat siap-siap, seperti berganti pakaian, karena nanti pasti ada basah-basahan, menggunakan pelampung. Nah, buat antisipasi, beberapa penyedia jasa tidak menyediakan sepatu nih, jadi sobat bisa siapkan sandal gunung atau sepatu anti air untuk digunakan saat perjalanan nanti.

Destinasi pertama adalah penelusuran Gua Pindul.

Sobat akan diberi satu ban masing-masing orang dan dua pemandu sitap kelompok. Pemandu tersebut akan menjelaskan kepada kita mengenai Gua Pindul itu sendiri. Semacam guide gitu.

Di sini sobat akan dibariskan dengan menaikki ban masing-masing. Ingat, jangan lupa pegang tali ban punya teman sebelah dan jangan sampai lepas ya!. Kalau sampai lepas akan susah menyatukannya lagi.



Di dalam gua guide akan memandu jalannya adventur. Sobat yang mau tahu banyak jangan sungkan buat bertanya apa saja, guidenya ramah-ramah kok. Yang admin ingat, di dalam gua ada tiga zona, zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi di mana tempat tersebut tidak pernah terkena sinar matahari. Di dalam gua terdapat banyak stalaktit dan stalakmit. 



Sobat juga akan melewati  sebuah batu yang dinamakan batu perkasa dan mata air kecantikan. Konon, laki-laki yang melewati atau memegang batu tersebut akan lebih perkasa nantinya, selain itu buat para sobat peremuan juga bisa melewati mata air kecantikan yang mana konon katanya dapat membuat sobat lebih cantik dan awet muda. Hihihi, namanya juga legenda, yah mari kita hormati saja. Perjalanan menelusuri gua sekitar satu jam, bisa kurang bisa lebih tergantung kepadatan pengunjung.


Destinasi kedua adalah body rafting di sungai (aduh maaf admin lupa apa nama sungainya) dekat Gua Pindul.


Setelah keluar dari gua, sobat akan disediakan mobil pik up untuk perjalanan ke sungai tempat body rafting. Yah, memang lumayan jauh kalau ditempuh dengan jalan kaki. Di sungai ini sobat akan dibariskan lagi atau membuat lingkaran dengan menaikkin ban yang telah disediakan. Nah, aliran arus sungai yang cukup deras akan membuat rafting sobat bertambah seru deh pokoknya! Jangan lupa, tetap pegang tali ban milik teman ya agar tidak terpisah. Di pertengahan jalur sungai guide akan memberhentikan perjalanan. Kenapa? Di pertengahan perjalanan nanti sobat akan melewati sungai dengan tebing yang biasa digunakan pengunjung untuk adu adrenalin. Yah, lompat dari tebing!!! Eiits, jangan khawatir, lompatnya langsung nyebur ke sungai kok, jadi ya aman-aman saja. Tebing tersebut ada yang tingginya 3m dan 12m. Buat sobat bisa pemanasan dulu dengan tebing yang tingginya 3 meter. Baru, setelah itu lanjut ke tebing yang tingginya 12m. Di sini sobat akan diberikan waktu sepuasnya untuk loncat-loncatan dan berenang di sungai. So, jangan sampai menyesal gara-gara ngga berani loncat ya!
Nah, kalau sudah puas, guide akan memimpin kalian untuk melanjutkan perjalanan pulang menelusuri sungai. Setelah kedinginan sobat pasti lapar kan? Jangan khawatir! Waalaupun tidak membawa uang sobat tetap bisa makan gorengan atau jajanan lain di akhir perjalanan. Penjual akan meminta uangnya saat sobat tiba di basecamp tempat awal sobat datang. Jadi, makanlah sepuasnya, tapi ingat makan apa aja ya!

Itu dia perjalanan admin waktu ke Gua Pindul bareng teman-teman kampus. Buat kalian yang masih perlu info tentang Gua Pindul bisa browsing kok. Sampai jumpa di cerita selanjutnya.

Comments